FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Belasan Hektare Sawah di Pabuaran Subang Alami Kekeringan

Kemarau panjang tanaman padi yang baru berumur sekitar 1 bulan seluas sekitar 15 Ha dilanda kekeringan di daerah Dusun Bugel, Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Subang, Senin (1/10/2019).

Hal itu di sampaikan oleh petani, Tarmo (48) ia mengatakan, sudah hampir 9 bulan tak ada hujan turun membuat sebagian tanaman padi daunya mulai menguning. "Musim kemarau tahun ini cukup panjang selain mengancam kehidupan tanaman padi permukaan lahan sawah pun mulai retak-retak akibat minimnya pasokan air," kata Petani, Tarmo kepada TINTAHIJAU.com.

Ia mengatakan, meskipun musim kemarau panjang pasokan air bersih di sumur warga yang ada di perkampungan masih aman dan belum ada warga yang mengeluhkan."Air sumur masih aman hanya tanaman padi milik saya seluas 2 Ha yang sudah mulai kekurangan pasokan air, katanya.

Sementara warga lainnya, Haman mengatakan, biasanya hujan mulai turun itu pada bulan Oktober dan November, namun saat ini belum ada tanda-tanda hujan akan turun yang mengguyur kawasan Pabuaran dan sekitarnya dan cuacanya masih panas dari teriknya matahari.

"Jika dalam waktu dekat hujan tak kunjung turun tentunya tanaman padi yang cukup luas itu akan terancam mati dan petani akan mengalami kerugian yang berarti," kata Warga, Haman.

Haman, berharap ada intansi terkait yang mencarikan solusi agar tanaman padi yang luasnya puluhan hektare itu dapat terairi. Semoga saja tanaman padi ini dapat bertahan hingga musim hujan tiba.

"Kondisi permukaan tanah lahan sawah sudah mulai retak dan kering hal ini sangat miris bagi kehidupan tanaman padi dilahan sawah tersebut," pungkasnya. [Sandy Zaenudin]



Ikuti Lintasan Berita via socmed:
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
Line: @TINTAHIJAU


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Haturnuhun kang @ridwankamil Tos sumping ka lokasi banjir Pantura Subang... https://t.co/8KIIBICj0B
Umroh Ditangguhkan, Komisi VIII DPR RI: Terus Berdoa, Corona Segera Berlalu https://t.co/xKy4gWkU1O
Jangan Mandi Jika Habis Begadang, Ini Alasannya https://t.co/9QgFe2tGhS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page