Robot Pembajak Sawah Karya Unpas Dipamerkan ke Petani Subang

PAMANUKAN, TINTAHIJAU.com- Robot pembajak sawah karya inovasi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas) Bandung dipamerkan kepada Petani Pantura di Aula Kantor Kecamatan Pamanukan, Subang, Sabtu (30/3/2019)

Robot pembajak sawah yang dinamakan Traktor Portable itu merupakan karya mahasiswa Teknik Unpas dan dosen yang didukung oleb BP2D JABAR, PIBI IKOPIN, PPBT dan Ristekdikti. TRaktor Portable ini  kemudian diserahkan kepada Tiga Desa yakni Desa Sidamulya,  Kecamatan Cipunagara; Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak dan Desa Padaasih, Kecamatan Cibogo, Subang

Dibanding dengan traktor lainnya, alat pembajak sawah ini, dari bentuknya relatif lebih kecil sehingga mudah dibawa, mutli guna dan dapat digunakan berbagai macam kultur tanah serta dapat digunakan untuk menyedot air saat mengairi lahan persawahan.

"Dimensi traktor ringan dan mudah dibawa selama mobilisasi dari rumah ke lahan pertanian serta mudah dioperasikan dengan satu orang. Fungsi dari Tractorpack atau traktor portabel bisa berpungsi sebagai Prontok padi, Penyemprot hama, Alat pertanian yang lainnya, Pompa air, Generator listrik dan Pencacah tanah," kata Robi

Sementara itu, Camat Pamanukan, Mohammad Rudi mengatakan, traktor portabel hasil karya anak bangsa ini cukup unik selain mudah dibawa traktor ini juga dapat digunakan serba guna. Dengan adanya bantuan traktor portabel dari mahasiswa Unpas semoga aktivitas para petani di daerah ini dapat terbantu saat membajak sawahnya.

"Selain dapat mempercepat pengerjaan bajak sawah juga dapat mempermudah tugas petani saat mengelola lahan sawahnya. Traktor portabel ini mudah dioperasikan juga mudah dibawa kemana-mana selain ringan traktor ini system knock down atau bongkar pasang," kata Camat Pamanukan, Mohammad Rudi.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIAJAUcom
Twitter: TINTAHIAJAUcom
YouTube: TINTAHIAJAU Channel


Twitter Update

DP3AKB Majalengka Buka Pendampingan Bagi Anak yang Ortunya Positif Covid-19 https://t.co/UAAUmv9U46
Jalani Isolasi 14 Hari, Pemcam Cipeundeuy Bantu Kebutuhan Sembako https://t.co/0uuwsqOmZD
Gugus Tugas Indramayu Waspadai Lonjakan Covid-19 Pasca Idul Fitri Cc @kotaindramayu https://t.co/eLwLW4VAUv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter