Macan Kumbang yang Hebohkan Warga Subang Dipindahkan ke Sukabumi

BANDUNG, TINTAHIJAU.com - Macan kumbang yang ditangkap di Subang pada Minggu (1/6/2019), rencananya akan dipindahtempatkan atau translokasi dari Kebun Binatang Bandung ke tempat Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga (PPSC) Sukabumi, Kamis (27/6/2019).

Macan tutul tersebut sebelum dibawa ke Kebun Binatang Bandung, sempat masuk ke tengah permukiman warga di Subang dan berhasil ditangkap oleh BKSDA Jabar.

Humas Kebun Binatang Bandung, Aan Sulhan mengatakan semenjak penangkapan dan dititipkan di Kebun Binatang selama 27 hari, pihaknya telah melakukan perawatan macan tutul tersebut.

"Kita melakukan pemeriksaan kesehatan, mengecek kelengkapan alat tubuh, bentuk tubuh, gigi, terus menjahit luka waktu saat ditangkap, waktu saat melarikan diri, masuk rumah, kemungkinan waktu masuk ke dalam itu mecahin kaca, kemungkinan lukanya dari situ, kaki kanan bagian belakang," ujar Aan kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (27/6/2019).

Aan mengaku selain melakukan perawatan kesehatan dan memberikan nutrisi berupa makanan, ada juga pemasangan chip untuk mengontrol saat di Cikananga Sukabumi. "Itu kan buat diketahui, sudah SOP-nya kalau ada macan tutul ketangkap, tinggal dicek," ujarnya

Terkait macan tutul tersebut sampai masuk ke pemukiman warga, menurut Aan, ada banyak kemungkinan, dilihat dari habitatnya, di satu area tersebut tidak bisa ada dua macan jantan di satu area radius 30 kilometer, salah satu harus tersingkirkan.

"Kemungkinan akibat secara habitat enggak bisa ada dua jantan di satu area yang sama, area minimal 30 km," ujarnya.

Aan berharap macan tutul yang diperkirakan masih berumur 5 sampai 7 tahun itu ke depannya bisa hidup di alam bebas. "Macan tutul ini suatu hari bisa dilepasliarkan," Ujarnya.

Rencananya menurut Aan pemindahan macan tutul dari Kebun Binatang Bandung ke Cikananga Sukabumi akan dilakukan malam ini atau besok hari. [tribunnews]


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Ngaku Polisi, Warga Indramayu Perdayai Janda Muda di Majalengka https://t.co/nJGHayCTAR
Pemkab Majalengka Rogoh Rp3 Miliar untuk Pilkades di 142 Desa https://t.co/69W1IZbIpE
Pengurus Kwaran Majalengka Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan https://t.co/RSJKRGTSIj
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page