Nanggewer, Desa Penghasil Jeruk Limo di Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Kabupaten Majalengka selain memiliki buah unggulan seperti Mangga Gedong Gincu, Durian Sinapeul dan Jambu Batu, ternyata masih memiliki buah unggulan lainnya yaitu Jeruk Limo.

Berada di kawasan Desa Nanggewer Kecamatan Sukahaji, sedikitnya 30 hektar lahan budidaya Jeruk Limo secara rutin menyuplai kebutuhan Jeruk Limo tak kurang dari 5 ton per hari.

"Jeruk Limo termasuk salah satu produk unggulan desa Nanggewer yang mampu menyuplai pasar besar di pasar induk Kramat Jati dan salah satu pasar besar di Surabaya, kata Camat Sukahaji Ade Sukardi melalui Sekcam Sukahaji Mumuh Muhidin.

Mumuh menjelaskan, puluhan hektar lahan budidaya Jeruk Limo di Desa Nanggewer dimiliki beberapa bandar yang mempekerjakan 20 orang petani setiap harinya.

"Komoditas unggulan Jeruk Limo ini dimiliki oleh 5 orang bandar diantaranya ada  H. Suryanata, ibu Wulan (Gemi Mandiri), pa Adit (Levi Anugrah), dan ibu Elsa (Duta Limo), dan salah satu produk inovasinya adalah ekstrak Jeruk Limo," ungkap Mumuh.

Jeruk Limo ini kata Mumuh dapat berbuah sepanjang tahun dan dipetik atau dipanen setiap hari dan dapat menghasilkan sedikitnya 5ton/harinya untuk pasokan pasar di Kramat Jati dan Surabaya.

"Untuk itu pada Majalengka Expo 2019 ini, stand Kecamatan Sukahaji kita pamerkan juga produk unggulan Desa Nanggewer yang harus diketahui oleh pengunjung yaitu Jeruk Limo, bagi yang penasaran bisa langsung datang kesana," pungkas Mumuh.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Pengurus Kwaran Majalengka Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan https://t.co/RSJKRGTSIj
Bangun Sinergi, Ketua PD PUI Majalengka gelar Silaturahim dengan PCNU https://t.co/T4SiKAS9sW
Ini Jadwal Kepulangan 3 Kloter Haji asal Majalengka https://t.co/dRkfXy79eS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page