Keren! Pake Robot, Petani di Subang Tanam Padi Sambil Ngopi

CIASEM, TINTAHIJAU.COM- Badan Litbang pertanian terus melakukan inovasi terhadap teknologi modern dengan menciptakan robot.

Sebuah inovasi alat mesin pertanian atau alsintan 4.0 untuk wujudkan pertanian maju, mandiri dan modern, resmi dilaunching Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Senin (16/12/2019). Salah satunya adalah robot tanam seperti Traktor Aotonomos dan Mesin Drone penebar padi yang memiliki kapasitas 15 kilogram. 

BERITA TERKAIT:

Berdayakan Ekonomi Warga, Kementan Bagikan Ribuan Anak Ayam di Pabuaran, Subang

Ada Alsintan 4.0, Mentan: Saya Tidak Mau Produksi Padi di Subang Menurun

Mentan Luncurkan Varietas Padi Baru di BB Padi Sukamandi, Subang

Kepala BB Padi Sukamandi, Priatna Sasmita mengatakan, mesin robot tanam ini berfungsi untuk menanam bibit padi di lahan sawah dengan dikendalikan alat tekhnologi.

Mesin ini mampu berkomunikasi melalui internet of thing dengan memanfaatkan sarana GPS sehingga mampu bekerja mandiri. Dengan pola kerja itu, petani hanya memantau di sisi sawah bahkan sambil menikmati segelas kopi panas

Maklum saja, dengan menggunakan robot tanam padi itu, mesin canggih itu mampu bekerja untuk jarak tanam 30 cm, 6 baris tanam, dengan kecepatan kerja 2,0 km/jam dan lebar kerja 1,8 m.

Proatna Sasmita mengatakan durasi kerja robot tanam padi ini bisa mencapai 0,36 ha/jam atau 3 jam/ha. Ini bisa mengefisiensi biaya sampai 75% dan efisiensi waktu 75% dibanding transplanter biasa.

"Teknologi mesin tanam ini sangat mudah dioperasikan dan bisa dilakukan oleh petani tentu saja setelah melalui bimbingan,"  kata Kepala BB Padi Sukamandi, Pritana Sasmita


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Amalan-amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Syawal Berdasarkan Hadist https://t.co/UGnTzdA3Q7
Lanud Suryadarma Kalijati Buka Lahan Tidur untuk Perkuat Ketahanan Pangan https://t.co/4LSL2zxowI
DP3AKB Majalengka Buka Pendampingan Bagi Anak yang Ortunya Positif Covid-19 https://t.co/UAAUmv9U46
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter