FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jalan Akses Pelabuhan Patimban Subang Selesai April 2020

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono berkomitmen merampungkan jalan akses ke Pelabuhan Patimban pada April 2020.

"Kami akan selesaikan pada April 2020, karena pada Mei - Juni 2020 Pelabuhan Patimban akan beroperasi," ujar Menteri Basuki dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (7/12/2019).

BERITA LAINNYA:

Didatangi Anggota DPR RI, Kadis Perikanan Subang Curhat Soal Dampak Buruk dari Pelabuhan Patimban

Wabup Subang Yakin Pelabuhan Patimban Dorong Ekonomi Warga

Penunjang Patimban, Menteri Perhubungan Sebut Bakal Ada Kota Baru di Subang



Hingga November 2019, progres atau perkembangan pembangunan jalan akses sepanjang 8 kilometer yang terletak di samping pelabuhan Patimban ini telah mencapai 55,8 persen.

Sementara itu Menteri Agraria, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata atau Minister of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Jepang, Kazuyoshi Akaba mengatakan pihaknya sangat berharap agar jalan akses tersebut dapat selesai tepat waktu.

Menurut Akaba, penyelesaian jalan akses itu penting untuk segera dirampungkan karena banyak perusahaan Jepang tertarik untuk memanfaatkan Pelabuhan Patimban sebagai kegiatan ekspor-impor produk.

Sebelumnya Basuki Hadimuljono menilai pembangunan jalan tol akses Pelabuhan Patimban dengan konstruksi layang melindungi areal persawahan di wilayah sekitarnya.

Jalan akses Pelabuhan Patimban dibangun dengan menggunakan tiga metode konstruksi yang sebagian besar elevated (jalan layang). Hal ini dikarenakan kondisi tanah di sekitar lokasi berupa persawahan dengan kontur tanah yang lunak. Ketiga konstruksi dibangun terdiri dari pile slab sepanjang 5,9 Km, flyover sepanjang 1,6 kilometer, dan flexible pavement sepanjang 0,7 kilometer.

Mengingat ketersediaan infrastruktur jalan sangat krusial untuk menunjang Pelabuhan Patimban yang akan menjadi pelabuhan internasional terbesar di Indonesia selain Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu Kementerian PUPR tengah mempersiapkan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sepanjang 29,8 kilometer dari eksiting Subang.

Saat ini sudah ada pemrakarsa Akses Tol Pelabuhan Patimban yakni konsorsium antara PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turangga dan PT Jasa Sarana dengan nilai investasi sekitar Rp 6,35 triliun.

 

SUmber: antara

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

OJK Cabut Izin Usaha BPRS Gotong Royong Subang https://t.co/mIlH9y1xDc
Sambut New Normal, Hotel dan Resto di Subang Mulai Kuda-kuda https://t.co/dE4toZS6ae
Bukan Hanya Saat Pandemi Covid-19, Dedi Mulyadi: Pemangkasan Anggaran Harus Jadi Tradisi https://t.co/iNjEeCTNaM
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter