FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menjaga Eksistensi Kolecer di Kampung Cisalak Subang

CISALAK, TINTAHIJAU.com - Kolecer atau baling bambu, mudah ditemukan di Desa di daerah Jawa Barat. Di era industri 4.0, Kolecer ini sudah mulai ditinggalkan anak-anak muda.

Meskipun mulai sulit ditemukan, namun masih ada anak muda yang menikmati permainan baheula itu. Di Subang misalnya, Kolecer ini masih muda di perkampungan warga di wilayah Subang Selatan

Di Kampung Leuwinutug, dan Kampung Jati, Desa Cisalak, Kecamatan Cisalak misalnya, anak-anak muda masih dijumpai sedang asik membuat dan menikmati Kolecer dengan cara menancapkan bilah bambu untuk mendapatkan angin lebih besar

"Sejak saya masih kecil, Kolecer merupakan suatu permainan yang saya  digemari. Uniknya kolecer bukan hanya digemari oleh anak-anak saja, tetapi orang ikut terlibat memainkan kolecet," kata Muhammad Ramdani kepada TINTAHIJAU.com, Kamis, (16/01/2020).

Ramdani, adalah salah seorang yang hobi membuat Kolecer. Menurutnya, Kolecer ini bukan saja dibuat dari baling bambu ada juga yang terbuat dari kayu. Bahan baku ini, kata Ramdani, akan membedakan suara yang diperoleh dari putaran baling-baling Kolecer.

"Jadi bukan cuma asik liat putarannya, tapi bunyi-bunyinya juga, bikin suasana tenang. Untuk anak-anak muda, Kolecer ini buat mainan, beda lagi kalau petani, biasanya digunakan untuk ngusir hama," imbuhnya

Pada pertengahan Desember 2019 lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menggelar Festival Kolecer di pesawahan kampung Dago, Desa Cimeuhmal, Kecamatan Tanjungsiang, Rabu (18/12/2019).

Ada 100 Kolecer berbagai ukuran ditampilkan. Bupati Subang H. Ruhimat yang hadir dalam Festival itu tampak menikmati permainan jadul tersebut. Ruhimat mengatakan Kolecer yang merupakan budaya leluhur itu harus terus dilestarikan.

"Insya Allah acara ini akan terus digelar setiap tahun. Dan Kampung Dago ini saya nyatakan sebagai kampung Kolecer,” ujarnya ketika membuka acara festival.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Puluhan Linmas di Kalijati Dilatih Pengendalaian Keamanan https://t.co/jbJ0P4OBZZ
Pemkab Subang Ajak Pertamina EP Asset 3 Bangun Kerjasama https://t.co/Aya5OHUBp3
Benarkah Xiaomi Bakal Berhenti Bikin Ponsel Android One? https://t.co/H1ooqST1GO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter