FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sambut Musim Tanam, Petani Ciasem Subang Berburu Hama Tikus

CIASEM, TINTAHIJAU.COM- Untuk menyambut musim tanam padi puluhan petani menggelar buru hama tikus di lahan pesawahaan di daerah Desa Sukahaji, Kecamatan Ciasem, Subang, Sabtu (22/2/2020).

Buru hama tikus yang melibatkan puluhan orang itu mendapatkan apresiasi dari sejumlah warga mereka bahu membahu membatu membasmi tikus dilahan persawahaan.

Untuk menangkap tikus petani membawa Cangkul, Pentungan dan mesin pompa air. Satu persatu sarang tikus di selokan menjadi sasaran petani setiap sarang tikus digali menggunakan cangkul serta di semprot air.

Alhasil selama aksi petani berhasil menangkap puluhan ekor tikus dan langsung di kubur dipemantang sawah agar bangkai tikus tidak mengeluarkan aroma bau tak sedap dilahan persawahaan.

Sejauh ini belum ada obat padi yang mujarab untuk mengusir hama tikus yang merusak tanaman padi. "Ada sekitar 700 hektar lahan sawah yang sudah siap tanam," kata Kepala Desa Sukahaji, Tedy Nurdiansyah kepada TINTAHIJAU.com.

Dia mengatakan, kegiatan buru tikus ini sudah sering kali dilakukan oleh petani namun hama tikus masih saja ada dan berkembang biak di pemantang sawah.

"Sudah berbagai upaya dilakukan untuk mencegah hama tikus selain memburu tikus petani juga memasang pagar plastik dilokasi tanaman benih padi agar aman," pungkasnya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

5 Sumber Nutrisi Ini Penting Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui https://t.co/V4Lv8bO8Mi
Dimana Letak Akal Manusia Berada, di Otak atau di Hati? ini Jawbannya https://t.co/o9FQzVO5ly
Desa Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung Kembali Terendam Banjir dan Terisolasi https://t.co/MpYqgEr00R
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page