FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Optimalkan Hidroponik, Cara Kiki M Iqbal Pertahankan Stok Pangan Saat PSBB

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pandemi Corona yang diikuti dengan kebijakan pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdampak serius pada ekonomi dan stok pangan warga.

Untuk tetap bertahan hidup dan mempertahankan stok pangan yang menjadi kebutuhan primer, banyak cara dilakukan warga. Misalnya Kiki M Iqbal, warga Jl. Jabong Kidul, Kecamatan Pagaden, Subang ini mengoptimalkan bertani sistem hidroponik.

Dengan memanfaatkan lahan sekitar 140 meter persegi yang berada di depan rumah, Kiki menyulap menjadi kebun hidronik dengan label Jabong Hidro Farm.

Di lahan ini, Kiki bersama istrinya, Caswati menanam aneka jenis sayuran dengan sistem pemanfaatan air. Sejumlah sayuran seperti kangkung, pakcoi, bayem, cabek, tomat, saledri, bawang dan lainnya memenuhi area Jabong Hidro Farm miliknya.

"Alhamdulillah ya, dengan cara seperti ini bisa terbantu. Apalagi sekarang musim Corona yang mengharuskan semua warga untuk tidak keluar rumah. Jadi gak begitu sulit untuk nyari sayuran," terang Kiki

Kiki menerangkan Jabong Hidro Farm ini mulai digarap sejak November lalu. Awal mulanya, dia mengaku prihatin banyak lahan di rumah warga yang dibiarkan kosong.

Di bagian lain, Sayuran yang menjadi kebutuhan tubuh, sejauh ini hanya didapat dari pasar, yang belum diketahui cara pengelolahan dan penggunaan zat kimianya.

Ide untuk membuat kebun yang ramah lingkungan dan berada di lingkungan rumah, didukung oleh rekannya, Brian Kamoed yang lebih dulu bergelut di hidroponik. Bukan itu saja, Brian yang juga merupakan penemu nutrisi bertani sistem hidro ini sebagai pembimbing di awal rintisannya itu

"Dari situ kita coba mengawal, alhamdulillah sampai sekarang. Yang kebetulan sekarang ada wabah Corona, jadi ini sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari," terangnya

Hasil berkebunnya itu, bukan saja dinikmtai oleh sendiri. Dikatakan Kiki, tidak sedikit tetangga atau relasinya yang datang dan membawa pulang hasil bertaninya itu.

"Alhamdulillah ya, bukan cuma untuk sendiri, tapi bisa membantu yang lain. Ada juga yang datang untuk belajar. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat yang lain juga," pungkasnya


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pria Wajib Tahu, Ciri-ciri Utama Saat Alami Ejakulasi Dini https://t.co/OQlONWOF8p
Angin Puting Beliung Terjang Wilayah Parung Bogor Sore Tadi https://t.co/Qe6e5ZmQsW
Masa Pandemi, Penjualan Motor di Tridjaya Pagaden 500 Unit Perbulan https://t.co/0Sb27Z8n8K
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter