FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Aneh Bin Ajaib, Pohon Pisang Tumbuh di Dahan Pohon di Area Pemakaman

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Warga Desa Sukaraja Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat geger. Sebatang pohon pisang tumbuh tidak di tanah, melainkan di dahan sebuah pohon di area makam Syech Maulana Abdurahman Akbar.

Peristiwa ini menyedot perhatian masyarakat. Warganet pun penasaraan dan mengunggahnya di media sosial. Sontak, ini menjadi viral dan makin banyak orang yang ingin tahu.

Oleh warga sekitar, pohon yang menjadi media tumbuhnya pohon pisang sendiri diketahui berjenis Randu Alas, atau warga setempat menyebut Dangdeur. Pohon ini sangat besar dan sudah berusia ratusan tahun.

BERITA LAINNYA:

Subhanallah! Ada Penampakan Awan Aneh di Langit Subang

3 Kejadian Aneh Tapi Nyata Kembalinya Nining Usai Hilang 1,5 Tahun di Pelabuhan Ratu

Inilah 8 Jenis Minuman Paling Aneh di Dunia



Juru kunci Makam Suryana mengatakan, dari ukuran, pohon pisang itu sama persis dengan pohon pisang pada unumnya yang mengalami pertumbuhan.

"Awalnya mah kecil, tapi makin ke sini (seiring berjalannya waktu) makin besar. Namun daunnya kini menipis, kalau awalnya banyak dan menjulang," kata Suryana.

Untuk jenisnya, Suryana mengaku tidak mengetahuinya secara jelas. Namun, sepintas pohon pisang itu tampak seperti pisang yang warga sekitar menyebutnya Pisang Muli. "Di sekitar sini juga banyak pohon pisang jenis Muli," jelas dia.

Terpisah, Peneliti Utama Badan Litbang Pertanian Prof Ika Djatnika mengatakan munculnya pohon pisang di dahan Pohon Dangdeur itu mungkin saja ada peran dari hewan.

"Apakah jenis pisang yang berbiji? Buah pisang dibawa hewan Careuh (Musang) dan sebagainya. Careuh BAB di pohon itu sambil mengeluarkan biji pisang yang biasanya tidak bisa dicerna oleh organ tubuh Careuh itu. Bijinya berkecambah dan tumbuh di pohon itu yang penuh dengan kadaka. Atau mungkin benih-benihnya dibawa hewan," kata dia.

Diainggung kemungkinan pohon pisang bisa tumbuh kendati bukan di tanah, Ika menjelaskan hal itu bisa saja terjadi. "Bisa saja. Apalagi di pohon itu ada kadaka yang biasanya menanggkap bahan organik dari udara seperti asap dan sebagainya," lanjut dia.

Kendati tumbuh tidak lazim, jelas dia, pohon pisang itu bisa saja nantinya memiliki buah. Namun kondisi buah tidak akan sama dengan pohon yang tumbuh di tanah secara langsung. "Jelas berbeda dengan yang tumbuh di tanah. Mungkin bisa berbuah, tetapi tidak optimal," jelas Ika

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Bubarkan Kerumuman Warga yang Asik Bermalam Minggu https://t.co/d1nhry7EJH
Bersama Cabup Lepi, Maman Imanulhaq Ajak Milenial Majukan Pariwisata Cianjur https://t.co/9rSzSYGIpt
Update Covid-19 Majalengka: Tambah 24 Orang Sembuh 9 Orang dan Meninggal 6 Orang https://t.co/sIzXoTPAly
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter