FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sudah Vaksinasi, Satgas Covid-19 Jabar: Jangan Abai Terapkan Protokol Kesehatan

BANDUNG, TINTAHIJAU.com- Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun vaksinasi COVID-19 sudah berjalan.

Termasuk mereka yang sudah dilakukan vaksinasi COVID-19. Daud Achmad mengatakan setelah disuntik vaksin, penerima vaksin jangan abai menerapkan prokes. Karena untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun.

"Vaksin COVID-19 dapat mengurangi angka kesakitan atau kematian akibat pandemi dalam waktu cepat. Tapi, untuk membentuk kekebalan kelompok butuh waktu cukup panjang," kata Daud, Jumat (22/1/2021).

BERITA LAINNYA:
Vaksinasi untuk Nakes di Subang Akhir Bulan Ini, Lalu Kapan untuk Warga?
2.120 Nakes Prioritas Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta
Jika Terjadi Kasus KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Siap Tanggung Semua Biayanya



"Dari situ, penting bagi kita untuk konsisten memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir," imbuhnya.

Dengan angka kesakitan yang berkurang, kata Daud, diharapkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat tetap terjaga di level aman.

“Jika angka kesakitan berkurang, pasien yang dirawat pun berkurang sehingga BOR (bed occupancy rate) tidak akan pernah penuh,” ucapnya.

Jabar mendapat alokasi 97.080 dosis vaksin Sinovac dari total 1,2 juta dosis yang disiapkan pemerintah pusat di Tahap I Termin I Januari 2021.

Rinciannya, Kota Bandung mendapat 25.000 vial, Kota Bekasi 14.060 vial, Kota Bogor 9.160 vial, Kota Depok 11.140 vial, Kota Cimahi 3.880 vial, Kab. Bandung Barat 3.960 vial, dan Kab. Bandung 7.560 vial. Sebanyak 22.320 vial sisanya disimpan di gudang provinsi.

Sesuai arahan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, target sasaran utama yakni SDM Kesehatan di fasyankes.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemkab Majalengka Bagikan Sertifikat Badan Hukum untuk 31 Koperasi Wanita https://t.co/pv2CK3XWFm
Kata Polisi Soal Tewasnya Pedagang Nasi Uduk di Kostan Panglejar 2 Subang https://t.co/LbtDfCGToR
Besok 6 Titik di Kecamatan Kadipaten Akan Dilakukan Pemadaman https://t.co/WGlmVwwagZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter