FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cerita Pedagang Kaki Lima Setelah 'Terusir' dari Alun-alun Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Konsekwensi dari adanya pembangunan akan dirasakan oleh warga sekitar, termasuk para pedagang kaki lima.

Seperti yang terjadi saat renovasi total Alun-alun Majalengka. Puluhan Pedagang Kaki Lima yang biasa berjualan di Alun-alun harus 'terusir' selama proses pembangunan.

Kondisi ini dirasakan salah seorang pedagang seblak dan lumpia basah, Yadi (27). Sejak pindah dari Alun-alun, pendapatan Pemuda ini mengaku mengalani penurunan drastis. Kondisi ini diperparah dengan pandemi Covid-19.

"Pendapatan lebih sedikit diterimanya, karena kan kalau di alun alun mah sudah punya pelanggan tetap yang sering lewat, baik anak sekolah atau anak kuliahan yang mampir ke alun alun," Kata Yadi.

Yadi berjualan Seblak dan Lumpia Basah sejak tahun 2016 lalu. Semula dia berjualan di pinggir jalan sebelah timur mesjid Al-Imam. Setelah ALun-alun dilakukan renovasi, dia bersama puluhan PKL lainnya bergeser ke SMAN 2 Majalengka.

"Di sini mah agak sepi mungkin karena sedang situasi pandemi juga ya dan anak anak diliburkan, kalau di alun alun sehari kadang dapat ratusan ribu kira kira ada lah Rp550 ribu mah, kalau disini hanya dapat kurang dari ratusan ribu dapet juga paling hanya 120 ribuan, kadang sepi juga," terangnya

Di Kota Majalengka pedagang kaki lima tersebar di 3 titik, yaitu PKL Alun -Alun, PKL GGM, PKL Taman Dirgantara (Bunderan Munjul) yang mengalami pergeseran tempat dagang dan terpencar kembali ditempat yang berbeda.

Setidaknya ada 4 titik baru yang hingga kini pedagang kaki lima tetap aktif melakukan aktivitasnya, diantaranya sepanjang Jl Ahmad Yani (Jalur Pasar Mambo), Ex - Pujasera Dekat Gedung Tourist  Information Center, di samping kiri bersebelahan dengan SMAN 2 Majalengka, dan ada juga pedagang yang pindah ke dekat pasar lama Majalengka.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Helikopter NASA Akhirnya Sukses Melenggang di Planet Mars https://t.co/l36ZXriQeI
Asia Bakal Jadi Tempat Pengungsian Warga Dunia, Mengapa? https://t.co/UdMzGb5jjm
Empat Tahun Melangkah, AMSI Komitmen Wujudkan Ekosistem Digital yang Sehat https://t.co/vhuuY6IbU6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter