FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Berdayakan Milenial, Polres Subang Ajak Anak Muda Bikin Batik Jemputan



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Polres Subang memberikan pelatihan membuat batik jemputan kepada puluhan kaum milenial di dua desa, Desa Sidajaya, dan Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Sabtu (18/9/2021).

Kapolres Subang AKBP Sumarni menjelaskan, pelatihan yang diberikan kepada kaum milenial ini terdiri dari beberapa jenis pelatihan. Yakni membuat telor asin, membudidayakan jamur tiram, dan membuat batik jemputan.

“Batik jemputan ini adalah batik yang dikerjakan dengan cara ikat celup, diikat menggunakan tali dan dicelup dengan warna. Batik jemputan tersebut ada yang diaplikasikan di media kaos dan bisa juga di kain, ” ujar Kapolres.

Pembuatan batik jemputan ini, lanjut Kapolres, dengan menggunakan bahan alami, daun-daunan dan warnanya juga berasal dari pewarna alam, seperti daun indigo, kayu secang dan lain-lainnya. Kapolres menambahkan, dipilihanya tiga materi pelatihan tersebut, karena sangat praktis, simpel, dan mudah dipraktekan di rumah masing-masing, serta produknya mudah dijual ke masyarakat.

“Kami undang hanya 30 orang saja. Diutamakan milenial yang punya waktu luang, dan ibu-ibu yang tidak bekerja. Hal ini karena pelatihan harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucap Kapolres.

Dia berharap, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi kaum milenial dan ibu-ibu yang ada di Desa Sidajaya dan Desa Sidamulya.

“Harapannya mereka melakukan sesuatu yang produktif, dan kami mencoba mengembangkan kreativitas, sehingga mereka punya kegiatan yang bermanfaat. Apalagi di masa pandemi begini masyarakat banyak kesulitan ekonomi” ucap Kapolres.

Selain itu, kata mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, diharapkan dapat menggerakan ekonomi masyarakat di dua desa tersebut di saat pandemi Covid-19. “Insya Allah, kegiatan serupa akan dilaksanakan di kecamatan lainnya, tidak hanya di Cipunagara. Pelatihan tersebut tentunya tetap penerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.





TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Resolusi Jihad NU 22 Oktober 1945, Jadi Acuan Hari Santri di Indonesia https://t.co/sbpj3oD4Cn
Sejarah Singkat Hari Santri https://t.co/AFrIUdNnoe
Inilah 3 Tokoh Santri Indonesia yang Mendunia https://t.co/rnNpzF9ekQ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter