Batik Nanas Khas Subang Siap Dilaunching

TINJAU SUBANG- Salah satu komditi buah khas Subang, Nanas, dipatenkan sebagai motif batik khas Subang. Rencananya, batik Nanas ini akan dilaunching bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Subang pada April mendatang.

Pemilihan Nanas sebagai motif batik, karena komoditi buah itu menjadi buah andalan Kabupaten Subang. Ada adigum yang menyebutkan, ke Subang tanpa beli Nanas, seperti belum menginjak Subang. Nanas Subang memiliki kekhasan sendiri dibanding Nanas dari tempat lain. Dagingnya tebal, dan rasanya manis dan lezat. Bahkan Nanas Subang memiliki jenis khusus, yakni Nanas Simadu. Komoditi Nanas ini diperoleh di sepanjang Jalancagak hingga Ciater.

Batik motif Nanas ini, rencananya akan dilaunching bertepatan pada hari jadi Kabupaten Subang, April mendatang. "Kita akan launching pada hari jadi Subang. Jadi pada saat itu semua mengenakan baju batik itu," kata Ojang.

Sebagai permulaan atau sosialisasi, baju batik Nanas ini dianjurkan dikenakan pada setiap Kamis bagi PNS yang ada di lingkungan Pemkab Subang. Secara bertahap, batik motif Nanas ini akan diberlakukan hingga tingkat Desa/Kelurahan dan sekolah.

"Sementara kita wajibkan di lingkungan Pemkab dulu. Secara bertahap nanti sampai di Desa/Kelurahan, dan sekolah. Dari gurunya dulu, kemudian siswanya," paparnya.

Batik motif Nanas ini, akan menjadi motif batik pertama yang secara resmi dilaunching oleh pemerintah Subang. Meskipun sebelumnya, ada motif Sisingaan. Menyusul kemudian, akan diproduksi motif bejana perunggu jaman prasejarah yang diusung oleh keomunitas pegiat seni-budaya dan dadar wisata. [annas nashrullah]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


Twitter Update

Pemdes Cihambulu Gelontorkan Rp64.2 Juta untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19 https://t.co/omVIQVzG2S
Bulan Juni Ini Akan Ada 14 Fenomena Alam Langka, Catat Tanggalnya https://t.co/9rdosQCNEh
Pemkab Purwakarta Pastikan Pertokoan dan Pusat Perbelanjaan Jalankan Protokol Kesehatan New Normal https://t.co/AqG5CxzfjK
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter