Masih Ada Warga Subang yang Belum Terima Ganti Rugi Proyek Tol Cipali

TINJAU SUBANG- Sekitar 10 Kepala Kelyarga (KK) warga Desa Padaasih, Kecamatan Cibogo, Subang hingga saat ini belum menerima uang ganti rugi proyek jalan tol Cikampek-Palimanan.

Belum diterimanya uang ganti rugi tersebut karena belum cocoknya soal harga ganti rugi lahan antara warga dan pihak P2T. Sementara itu, lahan milik warga yang dibangun tempat tinggal sudah dieksekusi pengadilan negeri pada beberapa bulan lalu.

Sebaliknya, warga menuntut pengembalian konsinyasi, karena mereka menduga ada upaya manipulasi status tanah, dari sertifikat hak milik (SHM) menjadi tanah negara (TN). Alasan lain permintaan pengembalian konsinyasi, warga  menganggap ada perbedaan harga antara warga dan harga tanah milik pejabat.

Jika tanah milik warga hanya dihargai belasan ribu permeter, sementara harga tanah milik pejabat dihargai hingga ratusan ribu permeter. Masalah ini, warga menunjuk LAK Galuh Pakuan Subang sebagai perwakilan mereka untuk menuntaskan masalah tersebut. "Warga minta batalkan konsinyasi, dan mengembalikan dana ganti rugi serta melakukan proses ulang pengambil alihan lahan, dengan memperhatikan azas keadilan dan keterbukaan dengan melibatkan dan melakukan musyawarah dengan masyarakat," kata Raja LAK Galuh Pakuan Evi Silviadi kepada TINTAHIJAU.com.

Evi menambahkan, warga mendesak masalah ganti rugi lahan itu segera dituntaskan. Selain proyek jalan tol sudah berjalan, sebanyak 10 KK di daerah Padaasih, Kecamatan Cibogo terpaksa harus tidur di tenda karena rumah mereka dieksekusi. "Masalah ini jangan ditunda-tunda, harus secepatnya dibereskan. Kasian warga sudah lama tidur di tenda," tegasnya.

Lebih jauh, Evi juga akan melaporkan kasus dugaan pemalsuan dokumentasi status tanah, dari sertifikat hak milik  menjadi tanah negara. Ia mengatakan, tindakan itu sudah masuk ranah pidana. "Ini ada unsur pidananya, dalam beberapa waktu ke depan, kita akan laporkan dugaan kasus ini," jelasnya. [annas nashrullah l @JejakAnnas]

foto: Ilustrasi (net)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Rumah Warga Dilalap Si Jago Merah, 2 Unit Damkar Subang Dikerahkan https://t.co/lHoDSMjDZM
Ngaku Polisi, Warga Indramayu Perdayai Janda Muda di Majalengka https://t.co/nJGHayCTAR
Pemkab Majalengka Rogoh Rp3 Miliar untuk Pilkades di 142 Desa https://t.co/69W1IZbIpE
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page