FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sisingaan Subang Tercatat Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia

TINJAU SUBANG- Kesenian khas Subang, Sisingaan tercatat sebagai warisan budaya Takbenda Indonesia pada 2013. Namun, piagam tersebut baru diterima pihak Pemkab Subang pada Desember 2015 ini.

"Ini informasi menggembirakan buat Kabupaten Subang. Kesenian khas Subang, Sisingaan sudah ditetapkan dan tercatat sebagai warisan budaya Takbenda Indonesia," kata Kasie Kesenian Disbudparpora Subang, Warman Santi kepada TINTAHIJAU.com, Senin (21/12/2015).

Sebagai konsekwensinya, Warman mengatakan, pihak Dinas Budaya, Pariwisata, Pemudan dan Olahraga (Disbudparpora) Subang harus gencar menggelar event-event Sisingaan. Salah satunya, jelas Warman, seperti festival Sisingaan yang digelar sehari ini di Wisma Karya.

"Ini sebagai uji petik bagi seniman dan seniwati. Dari festival ini harus jadi media pembinaan dan wadah bagi seniman dan budayawan dalam melestarikan Sisingaan," katanya.

Selain Festival Sisingaan, pada waktu yang sama digelar pula Festival Padalangan dan Festival Pesindenan Titin Fatimah. Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang Yatim menejelaskan event semacam ini guna membangkitkan seniman-budayawan, melalui pogram keragaman budaya yg dikemas dalam festival.

"Ini salah satu ikhtiar dalam rangka mencetak dan mengorbitkan para seniman/seniwati berbakat yang pada gilirannya mereka bisa mengangkat harkat, martabat dan derajat para seniman/wati dalam berkiprah menghidupkan seni-budaya di Subang," paparnya. [Annas Nashrullah | @JejakAnnas]

 

Foto: aksi seniman pada festival Sisingaan di Wisma Karya Subang

Follow twitter @tintahijaucom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Menguji Andrenalin di Wisata Paralayang Majalengka https://t.co/f1ftFFVZC6 https://t.co/eNQoT7etuf
Kunker Bareng Gubernur, Ini Agenda Bupati Subang di Australia https://t.co/PIxjbZyjoB
Perjalanan hidup kita di dunia ini sama singkatnya dengan durasi video ilustrasi ini. Tapi durasi yang singkat ini… https://t.co/GZZIJKovaF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page