Ratusan Pendekar Kumpul dan Beraksi di Rumdin Bupati Subang

TINJAU SUBANG- Ratusan Pendekar dari paguron silat yang berada di naungan PPSI dan IPCI Subang menggelar silaturahim di rumah dinas Bupati Subang, Selasa (10/5/2016).

Silaturahim diikuti ratusan pendekar dari sekitar 50 paguron di Kabupaten Subang. Tidak hanya orang dewasa, silaturahim juga diikuti para pendekar cilik. Hadir di antara mereka Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi, Kejari Subang Kasat Intel Polres serta sejumlah pejabat terkait.

Dalam kegiatan itu, diantaranya diisi dengan pelantikan pengurus IPCI Subang, pertunjukan silat dari perwakilan paguron, penyerahan cendermata dan pemberian reward kepada atlit pencak silat yang sukses mencetak 15 emas pada kejuaraan yang digelar beberapa waktu lalu

Ketua Panita Silaturahim Pendekar Subang, Kurniawan mengatakan, silaturahim ini dalam upaya menbangkitkan motivasi para pendekar dan pengurus pencak silat di Subang. "Perlu adanya pertemuan forum pendekar dan pengurus pendekar untuk membangkitkan motivasi," kata Kurniawan.

Kurniawan memaparkan, selain fungsi untuk menguatkan harmonisasi antara pendekar dan pengurus peguron, Pencak silat bisa menjadi media untuk mencegah prilaku menyimpang dan kenakalan remaja. "Paguron menjadi tempat penyaluran para remaja dalam menanggulangi hal-hal yang dilarang, prilaku negatif seperti mengkonsumsi narkoba," terangnya.

Pencak silat yang memiliki unsur beladiri, seni dan rohani ini, kata Kurniawan keberadaanya menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Sunda yang memiliki norma dan nilai kehidupan dalam bermasyarakat. "Karakter pencak silat itu tidak sombong dan menolong. Bukan hanya menolong dirinya tapi menolong orang lain," imbuhnya.

Pembina Pencak silat yang juga Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi saat melihat pertunjukan pencak silat yang diperagakan anak-anak dan prestasi yang sudah dicetak, tidak bisa menyembunyikan kegembiraanya. "Di tengah kondisi Subang seperti ini, tapi Pencak silat bisa mendapatkan 15 emas pada lomba di Bekasi kemarin, ini sesuatu yang membanggakan sekaligus mengharukan," kata Dandim.

Budi, yang baru menjabat Dandim di Subang selama tiga bulan ini, menyebut pencak silat di Subang sudah memasyarakat dan menjadi bagian dari karakter masyarakat Subang. "Saya sangat bangga dengan Subang ini, setiap kali keliling, saya selalu disuguhi demo silat," katanya.

Apreisasi Dandim terhadap pencak silat bukan hanya isapan jempol. Ia membuktikan sikapnya itu dengan mempersilakan lapangan yang ada di Kodim menjadi tempat latihan. "Silakan manfaatkan lapangan kami untuk latihan. Saya ada elf, asal ada komunikasi silakan pakai. Kalau untuk karya dan prestasi, saya tidak akan ragu," tandasnya.


Follow twitter @tintahijaucom | FB: Berita Tintahijau


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apakah Berhubungan Intim Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Ini Jawabannya https://t.co/OL9M7Yl6Dc
Catat! Ini Tiga Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran https://t.co/IqLghAkHo6
Viral! Polisi di Karawang Tolong Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan dan Belikan Seperangkat Bayi https://t.co/H6WB2xY2jU
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter