FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

OPINI: Generasi Muda di Ambang Krisis Identitas Nasional

Indeks Artikel

Identitas nasional merupakan perwujudan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. Menurut koenta Wibisono (2005) identitas nasional merupakan “manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa (nasion) dengan cirri khasnya, yang membuat berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya”. Ditegaskan menjadi suatu jati diri bangsa Indonesia yang menjadi pembeda dengan bangsa lain.

Jati diri nasional bangsa Indonesia, bersumber dari pancasila yang diamalkan dan berkaitan dengan sistem penyelenggaraan kehidupan masyarakat. Pancasila sebagai jati diri nasional yang telah terwariskan dari generasi ke generasi secara pengamalannya, sudah mulai terabaikan keberadaannya. Hal ini dikarenakan kurang nya kesadaran perseorangan atau kelompok terhadap memaknai pentingnya hidup berpancasila, seperti ditandai dengan maraknya generasi penerus bangsa yang lebih mencintai style atau gaya kebarat-baratan, mengidolakan Publik figur asing dan meniru setiap perilaku barat. Sehingga, menyebabkan lunturnya budaya timur tergerus oleh budaya barat. Hal ini tentu menunjukan bahwa Indonesia bisa dikatakan sedang krisis identitas nasional.

Perlu diingat kembali bahwa ada lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia. Menurut sensus BPS tahun 2010 indonesia terdiri dari 1340 suku bangsa yang berarti menjadi kekayaan budaya nasional yang bersumber dari kebudayaan daerah. Dengan, keberagaman dan perbedaan maka pancasila dengan semboyan bhinneka tunggal ika, yang berarti “ berbeda-beda tapi tetap satu jua” menjadi sebuah dasar atau tonggak awal dalam persatuan dan kesatuan Indonesia.

BERITA LAINNYA:

OPINI: Sumpah Pemuda dan Kesantunan Berbahasa Kita

[OPINI] Gonjang Ganjing Pembelajaran Daring

[OPINI] Membangun Daya Saing Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Sehingga, menjadi suatu ciri khas dan jati diri bangsa bahwa Indonesia meskipun beraneka ragam tapi mampu menciptakan keharmonisan dalam sebuah perbedaan, mempunyai pandangan hidup yang pasti, serta berpegang teguh pada nilai-nilai luhur pancasila.

Lantas apakah yang harus kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa untuk mempertahankan jati diri nasional Indonesia ?, ditengah-tengah era globalisasi dan modernisasi dunia?. Jawabannya adalah kesadaran diri sendiri bahwa kita adalah bangsa timur , bangsa Indonesia yang kaya akan budaya dan warisan dunia.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gercep! Bupati Subang Kunjungi Lokasi Banjir Besar https://t.co/mFKl25MiEh
Open Bidding 5 Posisi Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemkab Subang https://t.co/WD6teR6Gvl
Ini Daftar Wilayah Berstatus Zona Merah di Jawa Barat Pekan Ini https://t.co/RLNpEXl7HC
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter