FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tujuh Kompetensi Dasar Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Indeks Artikel



MENJALANKAN peran sebagai orangtua pada hakikatnya memerlukan kemampuan (skill) yang mumpuni. Betapa tidak, banyaknya tugas serta beragam tantangan akan senantiasa ditemui selama proses tumbuh kembang anak. Semakin banyak anak yang dimiliki, semakin banyak pula tenaga yang diperlukan untuk mendidik serta membimbing mereka. Demikian pula ketika usia anak semakin dewasa, berbagai permasalahan pun kian muncul ke permukaan.

Setidaknya, ada tujuh kompetensi dasar yang perlu dimiliki oleh para orangtua dalam menjalankan perannya. Ketujuh kompetensi tersebut harus terus diasah dari waktu ke waktu.

Pertama, kompetensi spiritual. Orangtua sudah seharusnya memahami ajaran agama untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. Orangtua perlu memahami tatacara beribadah dengan benar untuk kemudian diajarkan kepada anak – anaknya. Mengajarkan anak untuk melaksanakan shalat dan puasa dengan benar merupakan kewajiban setiap orangtua.

Kedua, kompetensi kepribadian. Kompetensi ini berkaitan dengan karakter orangtua yang harus dimiliki orangtua agar mampu dijadikan teladan oleh anak – anaknya. Karakter tersebut tercermin dalam perkataan dan perbuatan yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari – hari.

Saat kita menginginkan anak tumbuh menjadi pribadi yang santun, maka orangtualah yang pertama kali harus memberikan contoh. Senantiasa berkata baik dan bersikap jujur harus benar – benar dilaksanakan oleh para orangtua apabila mereka benar – benar menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi – pribadi yang diharapkan.

Ketiga, kompetensi pedagogik. Keluarga pada dasarnya sekolah pertama bagi anak.  Adapun orangtua berperan sebagai guru pertama dan paling utama bagi anak – anak mereka. Oleh karena itu, setiap orangtua seyogyanya memiliki kemampuan untuk mengajarkan berbagai hal yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak. Mengajarkan anak untuk dapat berjalan dan berbicara sesuai dengan usia perkembangannya adalah sebagian dari tugas orangtua yang memerlukan kemampuan pedagogik yang baik.



Selengkapnya klik halaman berikutnya...



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Jadwal Samsat Keliling di Subang Pada 7 Desember 2021 https://t.co/p030gaKpya
Jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Subang Pada 7 Desember 2021 https://t.co/qnhTWDj7QK
Terekam CCTV, Begal di Bandung Sasar Korban yang Sedang Lari Pagi https://t.co/e49d7HyHGS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter