FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis, Cek Sekarang Juga



Salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh pengguna smartphone ialah daya baterai yang cepat habis. Ternyata ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi baterai handphone kamu menjadi cepat habis.

Bila tidak diperlihatkan dengan baik, beberapa alasan berikut ini bisa menghabiskan baterai handphone tanpa kamu sadari. Apa saja?

BACA JUGA: Hindari Kesalahan Saat Menggunakan Smartphone

Kapasitas Baterai

Disetiap smartphone pasti ditenagai oleh baterai, smartphone yang rilis di Indonesia belakangan ini memiliki kapasitas paling tinggi yaitu 5.000mAh dari realme 5i.

Jumlah kapasitas baterai ini memang sangat penting untuk kita bisa beraktivitas lama tanpa perlu mencari stop kontak untuk mengisi daya. Namun baterai yang memiliki kapasitas yang tinggi juga percuma bila kamu memainkannya saat sedang diisi daya, kenapa?

Karena smartphone yang kamu isi dayanya tersebut akan terbagi dayanya juga dengan aktivitas kamu saat bermain smartphone.

Layar

Penggunaan layar dengan pengaturan cahaya yang terlalu terang dapat mengambil daya berlebih ke smartphone kamu. Maka dari itu, fitur mode daya rendah sangat berguna untuk mengurangi efek cahaya di smartphone untuk menyimpan daya.

Melansir Android Authority, layar merLayarupakan faktor paling besar baterai cepat habis dan dark mode yang hampir ada di setiap smartphone dikatakan tidak berfungsi untuk penghemat baterai.

BACA JUGA: Baterai Android Kamu Sering Boros? Lakukan Cara Ini

Konektivitas

Konektivitas yang ada pada smartphone seperti sinyal provider, Bluetooth, Wi-Fi, dan pelacak lokasi menjadi salah satu faktor baterai cepat habis. Jika kamu tidak memerlukan konektivitas tersebut, kamu bisa menonaktifkannya.

Bila sinyal provider pada tempat kamu berada penuh dan lancar tidak mengalami gangguan, maka baterai tidak terlalu banyak mengambil daya. Namun hal sebaliknya bisa terjadi jika kamu susah sinyal, maka smartphone bekerja daripada biasanya agar kamu bisa mendapatkan sinyal.

Dikatakan pencarian tersebut dapat mengambil daya baterai yang cukup banyak.

Chipset

Atau yang biasa dikenal sebagai prosesor pada smartphone, saat ini terdapat beberapa chipset yang mampu memberikan kecepatan konektivitas dan dapat mengurangi konsumsi pemakaian baterai.

Chipset yang terbaru mempunyai kemampuan yang cukup memuaskan, karena chipset itu ber-regenerasi. Contoh, Snapdragon 855 lebih dan lebih mempunyai efisiensi energi dibandingkan Snapdragon 845.

Kamera

Penggunaan kamera yang lama juga bisa menjadi faktor baterai kamu cepat habis. Tidak peduli seberapa besar resolusi smartphone kamu, namun kamera menggunakan layar dan prosesor.

Maka dari itu penggunaan yang lama akan berdampak, karena ada dua mesin yang berjalan.

Pengguna dianjurkan menggunakan kamera secukupnya namun bila kamu memang bekerja atau sering beraktivitas dengan kamera smartphone pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup untuk sehari-hari.

BACA JUGA: Aplikasi WhatsApp Ternyata Berbahaya Bagi Ponsel, Ini Alasanya

Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang memerlukan daya baterai yang cukup besar untuk dimainkan atau digunakan. Seperti halnya bermain game, jika terlalu lama bermain game juga bisa menimbulkan baterai cepat habis.

Bila bukan bermain game, namun tetap baterai tetap habis?

Kamu harus perlu mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di smartphone kamu. Bila sudah di cek kamu bisa menutup aplikasi tersebut, dan daya baterai menjadi aman.

Nah itu dia 6 faktor yang bisa mempengaruhi baterai kamu cepat habis, hal-hal tersebut butuh kamu perhatikan agar baterai bisa awet dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman

Sumber: Hype | Foto: Ilstrasi/Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-Mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Twitter Update

Tak Lagi PSBB, Toko di Subang Kota Boleh Buka, Tapi... https://t.co/q2rgJtDMmF
Baru Dibuka, Pengurusan SIM di Mapolres Subang Meningkat Tajam https://t.co/2L4zVz0X5x
Gugus Tugas Indramayu: Satu Keluarga dan Seorang Perawat Positif Corona https://t.co/w0R6lTmeDd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter