FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Aplikasi Facebook Discover Tawarkan Internet Gratis di Sejumlah Negera



Aplikasi Android terbaru dari Facebook, Discover, memungkinkan pengguna menelusuri situs web apa pun menggunakan saldo harian dari data gratis yang ditawarkan oleh operator seluler.

Discover hanya tersedia di negara-negara tertentu, dan saat peluncuran hanya ada empat operator seluler yang berpartisipasi untuk menawarkan data gratis, yaitu Bitel, Claro, Entel dan Movistar.

Facebook Discover merupakan bagian dari inisiatif Free Basic, dan sekarang tersedia di Peru. Aplikasi ini mendukung low-bandwidth ketika menggunakan data gratis, yang berarti bahwa jenis data tertentu, seperti video dan audio, tidak diperbolehkan melalui data gratis seperti dikutip Phone Arena.

BACA JUGA:
Zuckerberg: Saya Bangun Facebook Bukan Demi Uang
Facebooker Subang Bantu Warga yang Kekurangan Sel Darah Putih
Ingin Hapus Foto di Facebook? Begini Caranya

Cara kerjanya, setiap hari, pengguna Facebook Discover akan menerima saldo data gratis dari operator yang disebutkan di atas.

Pengguna akan diberi tahu setiap kali data gratis tersedia, namun mereka selalu dapat memilih untuk melihat jenis konten, seperti video, dengan menggunakan data yang dibeli dari operator seluler.

Agar pengguna dapat menjelajahi internet menggunakan data gratis, semua data gratis dialihkan melalui proxy Discover, dan didekripsi sementara untuk menghapus data yang tidak didukung, seperti video dan audio.

Aplikasi ini tidak menyimpan riwayat penjelajahan pengguna, dan yang lebih penting, tidak perlu memiliki akun Facebook untuk dapat menggunakan Discover.

Pengguna Melonjak

Pada triwulan pertama 2020, jumlah pengguna aktif harian (DAU) Facebook mengalami peningkatan signifikan, yakni bertambah 77 juta orang menjadi 1,73 miliar. Jumlah peningkatan itu menjadi yang tertinggi sejak 2011 lalu.

Facebook dalam laporan keuangan awal tahun ini mengatakan, hal itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang-orang di berbagai belahan dunia harus berdiam diri di rumah.

"Peningkatan engagement itu disebabkan karena orang-orang di seluruh dunia berdiam diri di rumah dan menggunakan produk kami untuk terhubung dengan orang terkasih atau organisasi," tulis Facebook.

Facebook pun memprediksi interaksi orang-orang di layanan-layanannya akan menurun saat pembatasan sosial mulai dikurangi di seluruh dunia, dalam waktu yang akan datang.

Secara total, jumlah pengguna Facebook pada kuartal I-2020 ini bertambah 105 juta orang, sementara jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) Facebook menjadi 2,60 miliar, atau meningkat 10 persen dibandingkan kuartal I-2019.

Sementara untuk aplikasi-aplikasi yang ada di bawah naungan Facebook Inc, yakni Facebook sendiri ditambah Instagram, WhatsApp, dan Messenger, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) diklaim telah menembus angka 3 miliar.

"Untuk pertama kalinya, saat ini terdapat lebih dari tiga miliar pengguna yang aktif menggunakan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger setiap bulannya" tutur Zuckerberg.

Hal tersebut tentunya berdampak pada pendapatan yang diraih Facebook. Dilaporkan selama triwulan pertama 2020, pendapatan Facebook naik 17 persen, yakni sebesar 17,74 miliar dollar AS (setara Rp 265 triliun) dengan keuntungan hingga 2,43 miliar dollar AS (sekitar Rp 36,3 triliun).

Jumlah pendapatan tersebut melampaui prediksi pasar, dimana para ahli menyebut pendapatan Facebook akan mencapai 17,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 262 triliun) dengan laba per saham 1,74 dollar AS (Rp 26.000).

Meski jumlah pendapatan naik, Mark mengaku Facebook turut menghadapi masa-masa sulit selama wabah Covid-19 ini, karena performa bisnis iklan yang di bawah ekspektasi mereka.

"Setelah penurunan pendapatan iklan pada Maret, angkanya mulai stabil di tiga minggu pertama April, pendapatan iklan mendekati stabil dibandingkan periode yang sama tahun lalu, turun 17 persen secara year-on-year di kuartal pertama 2020," ungkap Facebook.

Sumber: Infokomputer | Foto: Facebook

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Akhir Pekan, DPRD Subang Panggil 20 OPD Bahas Raperda APBD Perubahan https://t.co/UIOwnZCct8
Komunitas Kracker Supermoto Subang Galang Dana untuk Sukabumi https://t.co/DHNFY5CTuZ
Besok, Sebagian Daerah Subang Kota Mati Lampu. Cek Lokasinya di Sini https://t.co/qetlFfseSd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter