FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Yamaha Rancang Motor Dengan Bahan Bakar Air



Pabrikan roda dua asal Jepang, Yamaha dikabarkan sedang menggarap konsep motor XT500 H20, dengan berbahan bakar air. Meski baru sebuah konsep, rencana teknologi ini patut diapresiasi.

Melansir Rideapart, pembuatan konsep ini berdasarkan ide desainer industrial Maxime Lefebvre asal Perancis. Desain diambil dari motor legendaris Yamaha XT500 yang sebelumnya pernah eksis pada 1976 sampai 1989.

Belum ada penjelasan lebih lanjut menyoal spesifikasi mesin maupun mekanisme kerja sistem pembakaran menggunakan air ini. Namun, diyakini sistem kerjanya akan mengandalkan pompa air yang akan mendaur ulang air.

Konsep motor menggunakan bahan bakar air ini, sudah dimulai pada 2016 lalu. Informasinya Yamaha menugaskan secara langsung Lefebvre untuk merancang tampilan dan desainnya.

Nah, biar makin menguatkan kesan futuristik dan ramah lingkungan warna yang diambil adalah perpaduan biru dan putih.

Terobosan Yamaha ini sangat mungkin terealisasi dan dijual massal. Mengingat sebelumnya sudah ada yang berhasil membuat sepeda motor berbahan bakar air, meski skalanya kecil, seperti Ricardo Azevedo asal Sao Paulo, yang merancang motor T Power H20.

Yamaha XT500 sebuah motor enduro



Yamaha XT500 adalah motor besar berkubikasi mesin 500 cc, 1-silinder, 4-tak OHC2. Di atas kertas, motor ini punya tenaga maksimal 29,5 pada 5.800 rpm dan torsi puncak 38,2 Nm pada 5.400 rpm.

Secara desain, XT500 mengusung gaya enduro layaknya motor semi-trail. Konsep enduro dituangkan lewat kak-kaki, mulai dari ban pacul, suspensi depan dengan travel panjang, dan posisi knalpot yang ditempatkan pada bagian atas samping dekat jok motor.

Sementara itu, ukuran ban pada bagian depan dan belakang sengaja dibuat berbeda 3 inci untuk mengakomodir travel suspensi depan yang lebih panjang.

Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari Pihak Yamaha Global terkait konsep perancangan motor masa depan ini. Kita tunggu saja kejutan dari Yamaha.

Sumber: Kumparan | Foto: Istimewa

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Perkuat Ekonomi Desa, Pemprov Jabar Kembangkan Desa Digital https://t.co/I8RchrZe1b
PPP Tularkan Gerakan Kebaikan Bagi Generasi Muda Majalengka https://t.co/IGQ2zL0NvW
Jumlah Terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia Tembus 240.687 Kasus https://t.co/OijkA7Y3tc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter