FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menengok Keindahan Stadion Lodaya Tambkadahan Subang

Selain Stadion Persikas yang berada di Kelurahan pasirkareumbi, ada Stadion Sepakbola yang menarik perhatian dan menjadi magnet bagi para pecinta sepakbola. Lodaya, nama stadion itu.

Stadion Lodaya ini berada di Desa Mariuk, Kecamatan Tambakdahan, Subang. Dilaporkan kontributor TINTAHIJAU.com Liza, awal mula Stadion Lodaya ini dari pembelian tanah seluas 1,6 hektar dari hasil iuran desa di era Kades Karnudin d awal tahun 1990-an. Pembelian tanah itu disepakati oleh LPMD, LMD, dan tokoh warga setempat seperti alm. H. Ali sadar, H. Hambali, alm. H. Umar, dan H. Hasan Ashari.

"Meskipun kondisi stadion belum sepenuhnya beres, pada 1994 diadakan turnamen. Penonton yang datang cukup banyak," kata Kades Mariuk Yon Cahyono.

Pergantian kepemimpinan Desa Karnudin selama dua periode, dilanjutkan H Luthfi. Pada era Luthfi inim Stadion kemudian diperlebar dan dipondasi kurang lebih 70 m. Belum juga tuntas sepenuhnya, posisi Kades dijabat Yon Cahyono. Pada saat kepeimpinan Yon inipondasi keliling setadion lodaya dituntaskan dengan bantuan propinsi pada thn 2013, dan dari bantuan lainnya seperti Banprof, BKUDK, aspirasi dewan.

Kondisi terakhir, Stadion Lodaya ini tampak megah dan indah. Meskipun berada jauh dari Ibukota Kabupaten, namun Stadion Lodaya ini menjadi daya tarik bagi pecinta sepakbola. Maklum saja, sejumlah event sepak bola digelar di stadion Lodaya. Bahkan tidak sedikit pemain Nasional dan Wasit Nasional menginjak lapangan milik Desa ini.

Selain digunakan event-event sepakbola, Stadion Lodaya ini merupakan homebas PERSEMA. Tidak itu saja, di Stadion Lodaya ini diadakan Sekolah Sepakbola untuk jenior dan senior. Tidak saja berprestasis peainna, namun tim Persema ini pernah menjuarai satu event Sepakbola.

Keberadaan Stadion Lodaya ini tentu saja membuat "iri" bagi Stadion Utama, Persikas Subang. Maklum saja, jika dibandingkan dengan Stadion Lodaya, kondisi Persikas ini masih di bawah kelas.

Sekedar informasi, pada 2013 lalu, Pemkab Subang merenacanakan untuk bangun ulang Persikas. Untuk tahap konstruksi awal, Pemerintah Kabupaten Subang menyiapkan dana Rp1.6 miliar. Idealisme dengan dibangunnya stadion Persikas ini, Subang memiliki stadion yang refresentatif.

Dengan keberadaan stadion layak, diharapkan bisa mendorong kualitas pemain Persikas dan menjaring bibit sepakbola. Mengingat, di cabang olahraga sepak bola, putra daerah Subang pernah menoreh sejarah di tingkat Nasional. Sebut saja nama Kekey Zakaria dan Mulyana dan lainnya yang sempat besar bersama Persib di era perserikatan. Bahkan di era 1960-an, Stadion Persikas menjadi tuan rumah Sea Games.

follow  twitter @tintahijaucom l FB Berita Tintahijau

 


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Warga Subang Manfaatkan Batok Kelapa jadi Karya Bernilai Rupiah https://t.co/PG8CipfW22
Kenapa Gempa di Rangkasbitung Getarannya Naik Turun? Ini Penjelasannya https://t.co/9LLdvXunyd
Kementan Fokus Kawal Gerdal Wilayah Endemis Tikus di Subang https://t.co/j5W8GTQYh7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter