FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tekan Korban Pinol, Pemkab Subang Rancang Koperasi Mirip Minimarket di Setiap Kecamatan

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pinjaman Online atau Pinol marak dalam beberapa bulan terakhir ini. Korbannya cukup banyak, bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya dengan cara tragis.

Untuk menekan jatuhnya korban Pinol, Pemkab Subang mendoorng optimalisasi peran dan fungsi di Koperasi. Keberadaan koperasi, jika didukung dengan SDM dan manajemen yang mumpuni serta pembiayaan yang memadai, bisa menjadi solusi masalah keuangan warga.

"Untuk menekan dampak dari pinjaman warga, baik lewat online maupun bank emok, salah satunya dengan mengoptimalkan peran dan fungsi Koperasi. Koperasi harus ada di setiap kecamatan," kiata Kepala Dinas KUKM Subang Rahmat Faturahman pada saat membuka Pameran Produk Koeasi dan Pondok Pesantren di Lapangan Alun-alun Pemkab.

Saat ini, jelas Rahmat, Pemkab sudah menelorkan 114 Koperasi baru. Diharapkan, keberadaan koperasi itu bisa menekan eksisten Bank Emok (pinjaman bank keliling) yang kerap menjaadi beban warga.

Bupati Ruhimat menegaskan, dari 1105 Koperasi yang ada di Kabupaten Subang, sebanyak 683 koeprasi yang dinyatakan sehat atau aktif. Untuk menggerakan koperasi itu, Bupati meminta, adanya perubahan mindste dan dan pardigma pengelolanya.

"Koperasi harus beradaptasi dan bertranformasi, harus sejalan dengan kemajuan tekhnologi dan kebutuhan jaman. Haris berani berinovasi dan berkreativitas. Koperasi harus merubah paradigma dengan pendekatan yang berkonotasi pada kualitas, bukan hanya kuantitas dan diperkuat dengan fasilitas informasi tekhnologi," paparnya

Secara pemerintahan, Bupati akan mengeluarkan kebijakan baru guna mendongkrak dan menggairahkan peran ekonomi di Kabupaten Subang. Kebijakan itu adalah, pihaknya akan membayarkan tunjangan intensif PNS dengan voucer belanja.

"Ke depan di masing-masing Kecamatan haus ada kopersai yang semacam minimarket. PNS yang menerima Tunjangan intensif, 10%-nya kita bayar dengan voucer belanja di koperasi itu," jelasnya

Pameran Produk Koperasi dan Pondok Pesantren diikuti 40 stand UMKM di Kabupaten Subang. Pameran dalam rangka hari Koperasi dan Ulang Tahun Harian Pasundan Ekspres ke 11 itu akan digelar hingga Ahad (4/8/2019) besok. Hadir dalam pembukaan Asisten Deputi urusan Tata Kelola Kemenetrian KUKM Prof Hanafiah, Pejabat Pemkab Subang dan Camat.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

1,5 Tahun Jadi Bupati Subang, Ruhimat: Jangan Sampai Kita Kerja Biasa-biasa Saja https://t.co/Jm7FocXNh3
Dengan Sistem Daring, Tahun Ajaran Baru di Indramayu Mulai Senin Depan https://t.co/lZzNWo92wX
Pandemi Corona Memiliki Dampak Mengerikan Dibanding Krisis Moneter 1998 https://t.co/mxGMJCn736
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter