FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kesiapan Tenaga Kerja Sambut Pelabuhan Patimban Subang

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pemkab Subang belum menyiapkan program khusus terkait penyediaan tenaga kerja menyambut kehadiran Pelabuhan Patimban Subang.

Program terkait penyiapan SDM untuk ditempatkan di Pelabuhan Patimban yang rencananya dilakukan soft launching pada Juni 2020 nanti itu, belum tampak di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

BERITA TERKAIT:

BLK Disnaker Subang Cetak 1.824 Tenaga Siap Pakai

Menhub Pastikan Soft Opening Pelabuhan Patimban Subang Juni 2020

SMKN 2 Subang, Siapkan SDM Jawab Kebutuhan Pelabuhan Patimban



Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Subang mengaku, meskipun pihanya sudah menyiapkan strategi dan skenario penyiapan tenaga kerja, namun rencana itu tampaknya terancam tidak terealisasi.

"Sebenarnya kita sudah siapkan, tapi karena masalah anggaran. APBD belum support," kata Kepala BLK DIsnakertrans Subang Ucu Kuswandi kepada TINTAHIJAU.com.

Ucu mengklaim pihaknya sudah melakukan analisa lapangan dengan mendatangi Pelabuhan Patimban guna mendapatkan informasi kebutuhan tenaga kerja di Pelabuhan Internasional tersebut.

Hasilnya, Pelabuhan Patimban banyak memberi peluang dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Dari mulai tenaga administrasi, tenaga lapangan atau teknisi, bahkan bongkar barang.

"Tanpa adanya pembekalan atau pelatihan dengan prioritas ke Pelauhan, yang kami khawatirkan malah menjadi boomerang buat kita sendiri, buat Subang," terangnya.

Sebagai alternatifnya, BLK, tegas Ucu, pihaknya menyiapkan tenaga siap pakai yang sudah mengikuti proses pelatihan yang dilakukan secara kontinu dan bertahap.

Di 2019 ini, BLK Disnakertrans Subang sudah mencetak 1.824 tenaga siap pakai. Ribuan orang itu, mengikuti Latihan Kerja sebanyak 58 paket yang dilaksanakan di Gedung Disnakertrans Subang dan sejumlah Desa.

Dalam Latihan Kerja pihaknya menyiapkan sebanyak 19 bidang keahlian. Untuk Latihan Kerja di Gedung Disnakertrans mencakup 12 bidang sementara di Desa sebanyak tujuh bidang.

"Kita juga lakukan pelatihan kepada warga yang ada di sekitar Patimban dan warga yang terdampak. Yang jadi masalah, begitu pelatihan beres, mereka bisa, tapi tidak ada sarana atau pendukung lain. Hasilnya, mereka ya kembali lagi ke asal," paparnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ini 5 Pemanasan yang Bikin Sesi Bercinta Semakin Dahsyat https://t.co/gnAux86aOv
Seorang Warga Gugat Jokowi, yang Dianggap Lalai Tangani Corona https://t.co/GyfhxoSMLi
APD Langka, Pemkab Majalengka Diminta Berdayakan UMKM https://t.co/WXkr87ow3z
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page