Penunjang Patimban, Menteri Perhubungan Sebut Bakal Ada Kota Baru di Subang



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Nantinya, kota tersebut akan menjadi pusat industri yang akan menopang jalannya Pelabuhan Patimban.

"Untuk membuat suatu ibu kota baru yang di sisi kanan kiri daripada akses baru menjadi alternatif akses tol baru. Jadi Patimban Pelabuhan akan dekat dengan kota baru. Penunjukan ibu kota baru Subang," kata Budi Karya usai rapat Patimban di kantor Kemenko Maritim dan Investasi Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA: Jokowi Sebut Pelabuhan Patimban Subang Sesuai Harapan

Saat ini, akses jalan menuju pelabuhan patimban belum terbentuk secara efektif. Baik akses jalan biasa serta akses jalan tol. "Akses (jalan) biasa menurut pak Dirjen selesai April 2019 yang kedua adalah akses jalan tol yang membutuhkan mungkin sampai 3 tahun. Ini kan sudah bisa menggunakan jalan biasa," kata Budi.

Lambatnya pembangunan jalan tol menuju Pelabuhan Patimban disebabkan masih terkendalanya pembebasan lahan serta penentuan titik strategis. Namun, untuk jalan biasa Budi menyebut sudah mencapai angka 70%.

Namun, persoalan akses jalan bukan menjadi halangan bagi Kemenhub untuk pengoperasian Pelabuhan Patimban. Pembangunan akses akan berjalan seperti biasa. "Jalan (kan) April selesai. Ini ada penunjukan operator, koordinasi dengan eksportir dan sebagainya. Nanti akan ditunjuk," papar Budi.

BACA JUGA: Bahas Patimban, Bupati Subang Rapat Bersama Kemenko Kemaritiman

Target pelabuhan Patimban yang rencananya akan selesai bulan Juni mendatang bukan dikarenakan oleh akses jalan, melainkan persetujuan investor yakni Jepang.

"Kita merencanakan sebelum Juni operasi. Tapi Jepang minta lebih konservatif (hati-hati) Kalau pun mundur paling 3 bulan. Mereka kan hati-hati memperhitungan. Pihak-pihak ini perlu dilihat kan," paparnya.

Sumber: CNBCIndonesia | Foto: CNBC Indonesia/shalini

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

3 Menteri Jokowi Main Drama Anti-Korupsi, Ini Sindiran Mereka https://t.co/v5hLi0FtTd
HIV/AIDS Menggila, Akademisi: Selamatkan Generasi Subang https://t.co/h74FQoagic
Jelang Nataru, Polres Majalengka Amankan 1.264 Botol Miras dari Rumah Warga https://t.co/ebodiWAnU3
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page