FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Akibatkan Banjir, Wabup Subang Ajak Pengelola Cipali Cek Saluran Air

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Beberapa tahun ke belakang area pertanian dan pemukiman warga di Kelurahan Sukamelang, Subang digenangi banjir setiap turun hujan, dampak dari Pembangunan Tol Cipali. Wabup Subang menemui PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola Tol Cipali

Kondisi ini dipicu, saluran air Sungai Cigadung di daerah Sukamelang tersendat karena matrial sampah yang terjebak penyagga jalan tol Cipali. Sehingga air sungai meluap ke area pertanian dan pemukiman warga.

Lurah Sukamelang, Ika Koswara mengatakan pada 2015 lalu, ada kesepakatan dari pihak PT LMS yang bertanggung jawab Jalan Tol Cipali untuk menambah dan meninggikan Bekaper, termasuk akan dibuatkan resapan air dan pengangkutan sampah.

BERITA TERKAIT:

Banjir Bandang di Bandung, Polisi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Longsor, Jalur Purwakarta-Subang Lewat Wanayasa Tak Bisa Dilalui

Bupati Subang Pimpin Normalisasi Sungai di Daerah Pantura



"Tapi sampai sekarang belum ada realisasinya. Saya ke sini untuk menanyakan itu dan menagih janji, kasian setiap hujan sawah warga terendam banjir," kata Ika saat mendatangi Kantor LMS di GT Cipali Cilameri Subang

Ika menerangkan, dalam waktu empat tahun, areal pertanian sekitar 6 hektare di daerahnya terendam banjir. Bahkan enam rumah warga pun ikut teredam akibat luapan air. Bukan itu saja, akibat saluran air di Sungai tersebut terhambat, kondisi yang sama dialami warga di Kelurahan Cigadung.

"Saluran air mampet karena sampah. Karena ada penyekat di saluran air. Jadi sampahnya nyangkut di situ, sehingga saluran air tidak lancar karena tertutup sampah," terangnya



Kedatangan Lurah ke Kantor PT LMS didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi bersama Kapolsek Subang Kompol Iwan Setiawan. Dalam rombongan ada Kepala BPBD HIdayat dan Camat Subang Dikdik Sholihin.

Agus Masykur mengatakan, saat dia melakukan kunjungan ke Kelurahan Sukamelang, dia mendapat keluhan dari Lurah terkait banjir. Atas aspirasi itu, Wabup langsung mengajak untuk berkunjung ke PT LMS.

"Kita silaturahim saja, karena ada sesuatu yang harus dibereskan terkait dengan banjir yang katanya karena Jalan Tol. Jadi kita datang ke sini, biar secepatnya ditindak lanjuti dan solusi," kata Wabup.

Pertemuan antara Wabup, Lurah dan GM Operation PT LMS Suyitno berlangsung cepat. Setelah Lurah Ika menyampaikan permasalahan ke pihak PT LMS, mereka meninjau titik yang menjadi penyebab kebanjiran.

GM Operation PT LMS Suyitno mengatakan, pihaknya akan merespon masalah yang dialami warga. Bahkan Suyitno mengaku, masalah ini tidak hanya terjadi di Kelurahan Sukamelang, tapi ada beberapa Desa lainnya. "Ya kita lihat dulu, kita analisa, baru kita lakukan upaya-upaya," kata Suyitno.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sehari 50 Orang Positif, Satgas Indramayu: Tolong Jangan Anggap Remeh Covid-19 https://t.co/oSMsXkmC8l
Musim Hujan Telah Tiba, Konsumsi Makanan Ini Agar Tidak Gampang Sakit https://t.co/ebX7pZTy3H
Dugaan Adanya Korupsi Bansos Covid-19, KPK Tangkap Pejabat Kemensos https://t.co/vlC8UStZYk
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter