FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Terdampak Covid-19, Dinas Perikanan Karawang Bantu UMKM Pengolahan Ikan

KARAWANG TINTAHIJAU.com - Dinas Perikanan Karawang mengungkapkan sebanyak 30 persen usaha olahan ikan mengalami penurunan penghasilan karena pandemi Covid-19.

Untuk membantu pelaku usaha olahan ikan Dinas Perikanan membantu pembinaan dalam pemasaran model baru ditengah Covid-19. Selain itu bantuan alat pengolahan ikan juga digulirkan kepada kelompok UMKM.

"Saat pandemi Covid-19 saat ini omset mereka menurun drastis. Bahan baku perikanan yang biasanya habis 75 ton perhari, sekarang paling tinggi hanya 50 ton perhari. Penurunannya bisa mencapai 30 persen," ungkap Sekretaris Dinas Perikanan Karawang, Abuh Bukhori, Jumat (23/10/2020).
.
Abuh mengatakan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pengolahan ikan di Karawang tersentralisasi dibeberapa wilayah seperti Banyusari dan Cilamaya Kulon.
.
"Mereka tetap bertahan karena kebutuhan. Sebenarnya minat untuk olahan ikan masih sangat tinggi. Kami menduga menurunnya omset diakibatkan menurunnya daya beli masyarakat saat ini," ucapnya.

Untuk itu, Dinas Perikanan terus melakukan pembinaan melalui pemasaran yang berbeda sebelumnya yakni dengan melakukan pemasaran melalui media sosial.
.
"Selain itu melalui program kegiatan APBD Kabupaten Karawang. Kita juga menyalurkan bantuan alat pengolahan kepada kelompok UMKM," ujarnya.

Kesulitan pemerintah, lanjut Abuh adalah mengontrol bahan baku yang masuk ke Karawang. "Kami belum mengetahui jenis bahan bakunya seperti apa, lalu kualitasnya seperti apa," ucapnya.

Di Tahun 2021, Dinas Perikanan akan mengusulkan pembangunan coolstorage kapasitas 100 ton, dengan harapan ikan dari luar daerah yang masuk ke Karawang dapat terkontrol.

Kembali Meningkat, Sehari Kasus Covid-19 di Subang Bertambah 11 Orang

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sabtu (24/10/2020) terjadi penambahan signifikan jumlah terkonfirmasi COvid-19 di Kabupaten Subang

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Subang mencatat pada Sabtu (24/10/2020) ada penambahan 11 orang yang dinyatakan konfirmasi positif sebanyak 11 orang.

Kasus Coid-19 baru itu terdiri dari empat orang dari Kecamatan Pusakanagara, dua orang dari Kecamatan Kalijati, dua orang dari Kecamatan Cikaum, satu orang dari Kecamatan Cijambe, dan dua orang dari Kecamatan Subang.

"Hari ini ada penambahan 11 orang, sehingga total konfirmasi positif Covid-19 di Subang sebanyak 306 Orang," kata Jubir Satags Covid-19 Subang dr Maxi

Dari 306 orang terkonfirmasi COvid-19, sebanyak 254 orang dinyatakan selesai isolasi, 29 masih siolasi dan sebanyak 23 orang meninggal dunia

Dia mengajak masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dan tetap terapkan Protokol Kesehatan yakni emakai Masker, Mencuci tangan serta Menjaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gempa M 5,4 Terjadi di Halmahera Barat, Walau Tidak Berpotensi Tsunami Namun Harus Tetap Waspada https://t.co/2pzrPn4DkU
Jadwal Pemadaman Listrik di Subang Pada 26 November 2020 https://t.co/4aWb1Msvxs
Update Covid-19 Subang: Jumlah Positif Bertambah 13 Orang https://t.co/QM44Fzv2pu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter