FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cegah Korupsi, Sisa Belanja Leptop Desa di Subang Wajib Dikembalikan

Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dalam kasus pengadaan komputer jinjing. "Pengembalian sisa anggaran tersebut ke kas daerah, wajib dilakukan oleh seluruh Sekdes untuk menghindari terjadinya praktik korupsi," kata Kasubbid Pemberdayaan Ekonomi dan Sektor Informal BPMKB Subang, Jumari kepada Wartawan, Rabu (15/10/2013).

Berapapun sisanya, tegas Jumari, Sekdes wajib mengembalikan atau menyetorkan uang sisa pembelian laptop tersebut ke kas daerah untuk menghindari dampak hukum di kemudian hari. "Mau itu Rp50 ribu atau bahkan Rp700 ribu, Sekdes pokonya mengembalikan uang sisa tersebut, bukan masalah besar atau kecailnya. Tapi kalau diakumulasikan di 253 desa/kelurahan, jumlah itu cukup besar," katanya.

Pada Tahun Anggaran 2012 lalu, melalui pos bantuan Keuangan Untuk Desa/Kelurahan (BKUD/K), Pemkab Subang menganggarkan pembelian (pengadaan) leptop sebanyak satu unit per Sekdes atau total sekitar 253 unit, senilai Rp. 6 juta per unit, atau total Rp1,518 milyar. "Pengadaan leptop tersebut dimaksudkan untuk menunjang dan meningkatkan kinerja para Sekdes." tambahnya.

Jumari menjelaskan bahwa Pembelian leptop tersebut dilakukan oleh masing-masing Sekdes dengan mengacu pada spesifikasi (spec) leptop yang telah ditentukan instansinya. "Harganya pun bervariasi, mulai dari yang terkecil Rp5,3 juta hingga Rp5,95 juta. Nah itukan ada sisanya. Mereka wajib mengembalikan ke kas daerah, sampai sekarang masih banyak sekdes yang belum mengembalikan," tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini Kejaksaan Negeri Subang sudah mengusut kasus Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Panembong. Kasus senilai Rp6,7 miliar dengan potensi kerugian sekitar Rp1.9 miliar itu kini dalam proses pemanggilan saksi. Lain dari itu, Kejari juga mengusut kasus penggelapan dana koperasi di Dinas Kesehatan. Sementara Unit Tipikor Polres Subang menyelidiki realisasi dana PAUD senilai Rp2 miliar di tahun 2012. [Warlan putra | @warlanPutra] foto: ilsutrasi

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gempa M 5,4 Terjadi di Halmahera Barat, Walau Tidak Berpotensi Tsunami Namun Harus Tetap Waspada https://t.co/2pzrPn4DkU
Jadwal Pemadaman Listrik di Subang Pada 26 November 2020 https://t.co/4aWb1Msvxs
Update Covid-19 Subang: Jumlah Positif Bertambah 13 Orang https://t.co/QM44Fzv2pu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter