Coklit Pemilih, KPUD Subang: TMS 229.173 Pemilih , Muncul 143.761 Baru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang berhasil melakukan Pencocokan dan Penelitian atau Coklit) pada Pemilih sebesar 100%. Menurut Ketua KPU Kab Subang, Maman Suparman data tersebut telah dilaporkan kepada KPU Jawa Barat menjadi Data Pemilih Sementara hasil Perbaikan (DPSHP). Data untuk Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018.

Kegiatan Coklit tersebut kata Maman para petugas menghadapi beberapa tantangan diantaranya warga yang tidak bisa didatangi dalam satu kali kunjungan kemudian saat mendatangi daerah perumahan dan komplek militer serta masyarakat yang belum memiliki data identitas resmi kependudukan seperti KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk pemilih yang belum memiliki identitas resmi pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dengan menyerahkan data kuantitatif kependudukan kemudian diserahkan kepada Dinas Kependudukan untuk ditindaklanjuti.

"Dalam menindaklanjutinya kita (KPU) juga akan ikut memanatau terhadap yang dilakukan dinas Kependudukan dalam merekam data kependudukannya,” ujar Maman sesuai rilis KPU Kab Subang yang dditerima TINTAHIJAU.com

Kemudian kata Komisioner Divisi Data, Suryaman data yang dilaporkan kepada KPU Provinsi Jawa Barat jumlah pemilih yang dicoklit ialah sebanyak 1.201.748 orang. Diantaranya data yang cocok atau sesuai sebanyak 862.753 orang. Kemudian perubahan data pemilih sebanyak 109.822 orang. “Perubahan data pemilih ini seperti data awalnya berstatus TNI Polri ternyata sudah pensiun dan diantaranya juga ada perubahan alamat," jelasnya.

Kemudian adanya pemilih baru sebanyak 143.761 orang. "Kita juga menemukan data yang tidak memenuhi syarat atau TMS. Diantaranya yang umurnay belum 17 tahun dan pekerjaannya ternyata TNI atau Polri aktif. Yang TMS ini sebanyak 229.173 orang kemudian pemilih dengan belum mempunyai KTP elektronik sebanyak 33.999 orang," paparnya.

Kata Maman jumlah TPS di Kabupaten Subang terdata sebanyak 2.852 yang tersebar di 30 kecamatan dan 253 desa/kelurahan.


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Pesawat Cesna Jatuh di Sungai Cimanuk Indramayu, 1 Orang Belum Ditemukan https://t.co/oTIHOIdWeD
Polisi Ungkap Penyebab Mobil Terbakar yang Tewaskan 5 Orang di Tol Cipali Majalengka https://t.co/aSAmO6REQs
21 Tahun Tanpa Kabar, TKI asal Cirebon Akhirnya Kumpul Bersama Keluarga https://t.co/63rzkjocRG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page