FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

5 Cara Memasak Telur yang Lebih Menyehatkan

Telur menjadi salah satu sumber makanan bernutrisi yang terjangkau dan mudah dibeli. Selain sumber proteinnya yang tinggi, telur juga mengandung omega-3, dan berbagai vitamin penting lainnya.

Cara memasaknya pun amat mudah dan bervariasi, bisa digoreng, direbus, terserah sesuai selera. Namun ternyata, cara memasak kita bisa memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya, lho.
 
Nah, supaya sajian telurmu tetap sehat dan bernutrisi, intip tips memasaknya berikut ini, yuk!
 

1. Pilih metode memasak yang rendah kalori

Ilustrasi telur rebus
Ilustrasi telur rebus. Foto: Pixabay
Bila kamu mencoba untuk memangkas kalori, pilihlah sajian telur rebus atau poached egg. Metode memasak hidangan tersebut tak akan menyebabkan tambahan lemak, membuatnya lebih rendah kalori ketimbang telur goreng, orak-arik, atau omelet.
 

2. Padukan dengan sayuran

Ilustrasi omelet sayuran
Ilustrasi omelet sayuran Foto: Shutter Stock
Tak cuma kandungan nutrisinya yang tinggi, telur juga digunakan untuk meningkatkan asupan sayuran. Caranya, sajikan telur bersama campuran sayuran --misalnya seledri, daun bawang, atau tomat. Tambahan sayuran ini akan memberikan ekstra serat dan vitamin dalam hidanganmu.
 

3. Goreng menggunakan minyak yang suhu panasnya stabil

Menggoreng telur
Menggoreng telur mata sapi Foto: Shutter Stock
Dilansir Healthline, jenis minyak terbaik untuk memasak pada suhu tinggi adalah yang bisa tetap stabil dan tak mudah teroksidasi, membentuk radikal bebas.
 
Misalnya, kamu bisa menggunakan minyak alpukat atau bunga matahari saat menggoreng telur. Bila menggunakan minyak zaitun extra-virgin sebaiknya masak dalam temperatur yang lebih rendah dari 210 derajat Celsius, dan masak di bawah temperatur 177 derajat Celsius kalau memakai minyak kelapa.
 

4. Pilih jenis telur paling bernutrisi yang bisa kamu beli

Ilustrasi Telur
Ilustrasi telur Foto: Pixabay
Ada beberapa faktor; termasuk metode peternakan dan pola makan ayam yang bisa mempengaruhi kualitas nutrisi pada telur. Secara umum, jenis telur yang paling sehat dihasilkan dari ayam yang diternakkan di padang rumput, atau secara organik.
 
Namun, bila tak bisa menemukan produk telur dengan spesifikasi tersebut, jenis telur konvensional juga sudah kaya akan nutrisi.
 

5. Jangan terlalu lama memasaknya

Ilustrasi poached egg on toast
Ilustrasi poached egg on toast Foto: Shutterstock
Semakin lama dan semakin panas telurmu dimasak, akan semakin banyak nutrisi yang hilang. Menggunakan suhu panas yang lebih tinggi dalam waktu lama juga bisa meningkatkan kadar oksidasi kolesterol di dalamnya, terutama saat telur dimasak dengan cara digoreng.
 
Sumber: Kumparan | Foto: Ilustrasi/Pexels
 
FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

3 Hal yang Membuat Daging Kurban Jadi Haram https://t.co/MYvARwkiKD
Pembayaran Uang Pengganti Korupsi Alokasi Dana Desa dan Dana Desa https://t.co/qmcwKInTLU
Cara Membuat SIM Online, Catat Langkah Aman dan Biayanya https://t.co/ryfCpzP1A2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter