FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

     

     

     

Ingin Kuat Gowes? Konsumsi 5 Makanan Ini



Belakangan ini olahraga bersepeda tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Sebelum gowes, ketahui dulu makanan sehat untuk pesepeda sebagai bekal energi.

Di masa PSBB transisi ini pasti kamu sering melihat pemandangan segerombol pesepeda yang memenuhi jalan. Ya, olahraga bersepeda tampaknya tengah menjadi kegiatan yang menyenangkan di tengah masa PSBB transisi. Olahraga bersepeda ini banyak digandrungi banyak orang mulai dari yang tua, muda, laki-laki hingga perempuan sekali pun.

BACA JUGA:
Catat!, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Miliki Kandungan Gula Tinggi
Hei Ladies, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Miliki Payudara Besar
5 Makanan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Mr. P
Ingin Lebih Kuat di Ranjang? Perbanyak Konsumsi Makanan Ini

Namun, perlu kamu ketahui, saat bersepeda tubuh kita membutuhkan energi untuk mengayuh. Begitupun setelah bersepeda, energi dan otot dalam tubuh membutuhkan pemulihan. Itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi.

Ada banyak pilihan makanan sehat untuk pesepeda. Tak hanya makanan, tetapi juga minuman. Makanan dan minuman tersebut juga mudah untuk didapatkan dan dapat kombinasikan sesuai dengan selera masing-masing.

Dilansir dari Realbuzz.com berikut 5 makanan sehat untuk pesepeda.

1. Salmon

Ikan Salmon merupakan makanan sehat untuk pesepeda terbaik karena khasiatnya yang dapat meningkatkan kinerja saat bersepeda. Menurut Jay Udani, MD, Asisten Profesor Klinis dari University of California, kandungan omega-3 pada salmon berperan untuk meningkatkan aliran darah.

Selain itu juga berfungsi untuk membersihkan sel-sel inflamasi pada otot setelah bersepeda. Bisa dikatakan, mengonsumsi salmon baik untuk pemulihan setelah berolahraga sepeda. Dengan mengonsumsi salmon, itu dapat mengurangi rasa sakit pada otot.

Untuk tips dan ide makan, kamu dapat mencoba olahan salmon yang dicampur dengan kentang untuk menu makan siang atau makan malam. Namun, jika kamu memiliki alergi pada salmon, kamu dapat menggantinya dengan ikan tuna.

2. Teh Hijau

Sebelum bersepeda ada baiknya juga untuk minum teh hijau. Mengonsumsi teh hijau bahkan dapat membuat kamu bersepeda lebih cepat. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Jepang. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak dalam teh hijau berperan aktif untuk meningkatkan daya tahan olahraga hingga 24%.

Selain itu, ada juga kandungan antioksidan yang disebut polifenol untuk mengurangi jumlah amilase atau enzim yang membantu pencernaan. Nah, pada khasiatnya ini berlanjut dengan mengatur kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat mencegah benturan energi yang berdampak buruk.

Sebaiknya minum teh hijau dapat dilakukan sebelum bersepeda. Nah, untuk olahannya kamu bisa mencampurkan buah-buahan seperti nanas dan buah delima pada racikan teh hijau.

3. Kale

Selain dapat menurunkan berat badan, kale juga merupakan makanan sehat untuk pesepeda. Khasiatnya dapat mempercepat gerak otot saat mengayuh sepeda. Khasiat kale ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di British Journal of Nutrition.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa kandungan folat pada kale itulah yang nantinya berperan aktif untuk meningkatkan kinerja otot dan membakar lemak dari makanan yang diasup. Karenanya makanlah kale sebelum berolahraga sepeda.

Atau kamu bisa memasukkan kale ke dalam menu sarapan. Jika kamu tidak menyukai rasa kale, kamu juga bisa menggantinya dengan kacang merah atau kacang lainnya untuk mendapat asupan folat.

4. Telur

Makan telur dapat berkhasiat sebagai pemulihan setelah lelah bersepeda. Kandungan nutrisi pada telur akan memperbaiki otot dan mengisi bahan bakar untuk tubuh. Itu karena telur kaya akan protein. Nah, protein itulah yang akan melengkapi tubuh dengan asam amino.

Tips mengonsumsi telur bagi pesepeda adalah dengan makan beberapa telur rebus setelah perjalanan sebagai camilan. Atau kamu juga bisa mengombinasikan makanan mengandung protein lainnya dengan karbohidrat untuk pemulihan yang lebih baik.

Mengonsumsi roti bakar dengan isian telur orak-arik agaknya menjadi ide yang bagus setelah bersepeda. Selain untuk pemulihan, juga bisa meningkatkan kecepatan kamu saat berolahraga sepeda.

5. Susu Cokelat

Sebuah penelitian dari University of Texas telah membuktikan bahwa susu cokelat baik dikonsumsi setelah berolahraga sepeda. Namun, peneliti menyarankan untuk memilih susu cokelat yang rendah lemak.

Tak hanya itu, susu cokelat juga kaya akan kalium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Sementara kandungan air pada susu cokelat dapat berperan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah bersepeda.

Susu cokelat dapat diminum baik sebelum maupun setelah bersepeda. Berdasarkan hasil penelitian, Dr Ivy salah satu peneliti menyebut bahwa mereka yang minum susu cokelat memiliki tenaga lebih kuat daripada mereka yang tidak.

Sumber: detikFood | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Gelar FGD Bareng Polda Jabar Terkait Sebab Laka Lantas https://t.co/83i6X8lJmP
Propam Polres Majalengka Datangi 4 Kantor Polsek, Ada Apa? https://t.co/zvVs1cJS2R
Dari 28 Terkonfirmasi Covid-19 di Majalengka, 9 Orang Dinyatakan Sembuh https://t.co/iKYNblS7oB
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter