Stone Garden, Tempat Wisata di Bandung Dengan Panorama Indah

Foto IG: https://www.instagram.com/pungki_a_a/

Bandung selalu punya cara untuk menarik para pelancong agar singgah, baik melalui sajian kuliner menggugah selera maupun panorama alam memukau tiada dua. Berbicara panorama, salah satu spot di Kota Kembang yang sanggup memanjakan mata adalah Stone Garden.

Wisata alam ini terletak di antara lokasi penambangan kapur. Sebagai bagian dari Kabupaten Cipatat, melansir laman Asia One, Jumat, 3 Januari 2020, hamparan bebatuan ini telah ditemukan tim peneliti Kelompok Riset Cekungan Bandung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2000.

BACA JUGA:
Kumpay Waterpark, Wisata Rekreasi di Subang Selatan
Kafe Walungan, Tempat Nongkrong Baru di Babakan Irigasi Bandung
Ini Dia Tempat Wisata Kekinian di Daerah Bandung

Namun, area tersebut baru ditetapkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat pada 2015. Sejak diresmikan, wisata seluas dua hektare tersebut ramai dikunjungi para wisatawan untuk hunting foto.

Wisata yang menyuguhkan pemandangan hijau nan menyegarkan mata ini dikelola penduduk setempat dan di bawahi Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis).

Meski menyajikan pemandangan memukau, dengan lanskap terdiri dari bebatuan tidak rata, Anda bisa tergelincir jika tidak berhati-hati. Saat berkunjung ke sini, disarankan untuk mengenakan sepatu gunung yang memiliki permukaan tidak rata di bagian bawah.

Wisata ini cocok dikunjungi saat pagi atau sore hari. “Tempatnya over all enak buat hunting foto nyari sunset, buat ngabuburit juga cocok,” ujar pengunjung Stone Garden, Alfino Tubagus Mukti Nugraha seperti yang disampaikannya pada awak media pada Jumat, 3 Januari 2020 lalu.

Tidak hanya sebagai wisata selfie, Anda pun bisa merehatkan pikiran dan tubuh di area terbuka ini, seperti salah satu pengunjung, Pungki Abi Ardiansyah. Lelaki asal Ponorogo tersebut sengaja singgah di Stone Garden untuk menyegarkan pikiran. "Saya memang gemar berwisata di alam terbuka," sambungnya juga lewan pesan.

Tebing bebatuan di Stone Garden. (dok. Instagram @pungki_a_a/ https://www.instagram.com/p/BsmSD1MnR6l/

Selain menyajikan taman bebatuan kapur, di sekitar Stone Garden terdapat Gunung Masigit dan Gua Pawon. Dengan ketinggian mencapai 2.078 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menyaksikan panorama Bandung dari tebing yang menjulang.

Di atas tebing tersebut, pengelola menyediakan hammock yang bisa digunakan untuk berfoto. Biaya sewanya sekitar Rp300 ribu.

Juga, terdapat Gua Pawon yang merupakan salah satu situs peninggalan zaman purba. Konon, gua tersebut merupakan tempat tinggal perempuan dalam cerita Sangkuriang, Dayang Sumbi. Meski belum jelas kebenarannya, wisata geopark ini jadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk masuk di area Stone Garden, penunjung harus mengeluarkan uang sekitar Rp15 ribu. Dengan harga tersebut, Anda bisa puas menikmati keindahan alam salah satu destinasi wisata di Bandung Barat.

Sumber: Liputan6 | Foto: IG @pungki_a_a

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

14 Orang Reaktif Hasil Rapid Test di Pasar Kasomalang Subang https://t.co/OrJJPW2mxY
Banyak Dapat Pesanan, Dedi Mulyadi Manjakan Pasien Covid-19 dengan Makanan Enak https://t.co/98Oxckp9No
PSBB di Jabar Kembali Diperpanjang Hingga 12 Juni https://t.co/faOUQ1tEto
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter