FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menengok Kondisi Desa Wisata Andalan Kabupaten Subang



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Pendemi Covid-19 yang sudah setahun lebih ternyata banyak menggerogoti pendapatan warga di sekitaran objek wisata alam yang ada di Desa Wisata. Tidak hanya itu, objek yang telah ditata pun banyak yang hancur dan berantakan.

Pantauan saat touring Baksos Kesehatan HUT ke 76 PMI bersama dengan jajaran PMI Kabupaten Subang, Minggu, 12 September 2021 ke wilayah Tanjungsiang, Cisalak, Kasomalang dan Cijambe, tampak beberapa Desa Wisata yang semula digembar-gemborkan kini kondisinya tidak terurus bahkan tidak layak lagi disebut desa wisata.

Seperti halnya Desa Wisata Cibuluh yang ditonjolkan alam pedesaan terumatama pertemuan 7 sungai sehingga pernah digelar Festival 7 Sungai.

Malahan Dinas Pariwisata Jabar pernah menjanjikan Desa Cibuluh akan dijadikan percontohan desa wisata. Di mana wisatawan yang datang bisa menginap, makan, rekreasi yang disediakan dan dikelola oleh BumDes.

Namun demikian beberapa objek wisata alam yang dikelola BumDes dan Karang Taruna di wilayah Tanjungsiang masih ada yang tetap bertahan dan berkembang seperti Bukit Pamoyanan.

Di sana bisa melihat sunrise dan lautan awan serta berkemping di sana. Malahan sekarang muncul dengan panorama serupa di Bukit Dewi Manggung di Desa Cimanggu, Tanjungsiang.

Sedangkan dua wisata alam Hutan Vinus Cigore di Kasomalang sudah mulai bergeliat dan dibuka kembali serta terlihat mulai ada pengunjung walalupun belum seramai dan senyaman seperti sebelum munculnya wabah Covid-19.

Bahkan objek wisata yang sama di Desa Cimenteng, Cijambe, Panyawangan kondisinya sangat memprihatinkan, bangunan warung banyak yang hancur dan tempat swafoto pun demikian.

"Ya pak sejak munculnya wabah Covid-19 kami kehilangan pengunjung dan pedagang di sini pun bubar semua, termasuk pengelola dari rekan-rekan pemuda dan Bumdes pun kebingungan," kata tokoh muda, Suryana.

Untuk itulah diharapkan ada bantuan dari pemerintah daerah untuk membangkitkan dan mengembangkan objek wisata ini

 



Sumber: galamedia

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Prakiraan Cuaca di Subang, Senin 25 Oktober 2021 https://t.co/N1HgI8LZKm
Terkait Tragedi Penyiksaan Anjing di Aceh, Hotman Paris Ikut Geram https://t.co/87GXxCaPJ1
Viral Sinetron Indonesia Tampilkan Adegan Mirip Squid Game, Banjir Kiritikan Pedas dari Netizen https://t.co/Wubfl8vEDl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter