FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Lewat Literasi, Guru SMPN 1 Pagaden Subang 'Melancong' ke Luar Negeri

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Menjadi guru bukan berarti harus berhadapan hanya dengan siswa. Sebaliknya, menjadi pendidik sebagai inspirasi untuk meningkatkan kemampuan.

Hendra Nugraha misalnya, Guru SMPN 1 Pagaden, Subang ini menjadikan profesinya sebagai pendidik menjadi inspirasi untuk menghasilkan karya tulis. Tidak hanya tulisan lepas, tapi sudah banyak buku yang dia telorkan.

Karya tulisnya dituangkan dalam jurnal dilektika di sejumlah kampus dan institusi pemerintahan seperti Unpas, Unius, dan kementeian dikbud. Pendidikan menjadi ruang lingkup dan objek karya tulisnya

BERITA TERKAIT:

Gerimys, Cara SMPIT Alamy Subang Tanamkan Cinta Literasi

Gol A Gong Bikin Gempa Literasi di 13 Daerah di Jabar

Literasi, Bukan Sekedar Mengenal Huruf dan Membaca

Selain karya tulis ilmiahnya, Hendra yang menjadi guru sejak 2000 itu sudah menulis 10 buku> Beberapa diantaranya adlaah tentang metode pembelajaran, penelitian, antologi guru (puisi), antologi guru berperstasi, dan inovasi sistemn pembelajaran dan lainnya.

"Inspirasinya dari Guru Pak Dede Hidayat waktu di SMPN 7 Subang. Dia selalu memptivasi pekerjaan apapun harus dicintai, tulis semua yang dirasakan dan dikerjakan," kata Hendra

Motivasi itu dipegang teguh jebolan S3 ITB jurusan Matematika. Di tengah kesibukannya dia menyempatkan diri untuk melahirkan karya tulis. Wajar, jika pria yang tinggal di Desa Kamarung, Kecamatan Pagaden, Subang itu kerap diundang sebagai pemateri. "Ada beberapa kampus, seperti ITB, Unpas, UPI, Unpad. Beberapa diantaranya jadi pemateri," jelasnya

Jabar Kembangkan Qiraatil Kutub Jadi Literasi Pesantren

Pemerintah Siap Tingkatkan Penguasaan Literasi di Tanah Air

OPINI: Meningkatkan Akses Ruang Literasi Masyarakat

Lewat karya tulisnya, Hendra sudah mengikuti Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di luar negeri. Dua diantaranya di Australia pada Program Development Picture pada 2016 dan ke Singapura untuk Diklat Internasional SEAMEO QITEP

Prestasi lain yang sudah dicetak, Handra mencontohkan juara 1 inovasi pembelajaran SMP terbuka 2014, sebagai finalis inobel kemndikbud 2016, Finalis guru prestasi 2018, dan guru inspirati Jabar 2019.

Di luar sebagai pendidik, Hendra kini membuka taman bacaan atau lapak berjalan di beberapa tempat setiap pekannya. Semangat literasi yang dimiliki Hendra, bukan saja untuk dirinya, tapi tidak jarang berbagi pengalaman dan memotivasi orang lain untuk terus berliterasi.

"Literasi itu penting, lewat tulisan, bisa dibaca anak-anak, anak didik, dan karya kita biar tidak tercecer," pungkasnya.




FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TRENDING TOPIC

Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Hal yang Perlu Dihindari Saat Pertama Kali Ketemuan Dengan Calon Mertua https://t.co/7kPIY1B1f8
Ternyata Ini yang Bisa Bikin Kulit Lebih Glowing Tanpa Makeup https://t.co/TGSBf4sjNl
Ini Dia Profile dan Photo Pedangdut Cantik Wika Salim https://t.co/8qGeb1HO5J
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page