FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Merumuskan Pembelaran IPA Dengan Pendekatan Quranic Socio Science



SUMEDANG,TINTAHIJAU.COM - Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Jawa Barat bekerjasama dengan P4TK IPA mengadakan Training of Trainer (ToT) dan merumuskan konsep Pembelajaran IPA dengan pendekatan Quranic Socio science (QS2).

Kegiatan yang di digelar di Hotel Puri Khatulistiwa, Jl. Raya Jatinangor No.Km 20, Cibeusi, Jatinangor, Sumedang itu dilaksanakan selama 2 pekan dengan diikuti 40 peserta yang terdiri dari Guru IPA SD/MI SMP/MTs se Jawa Barat.

Mereka mengikuti rangkaian acara diklatseperti merumuskan 3 modul dengan model pendekatan Quranic Socio science (QS2). Pertama, Modul (Panduan) ajar Guru IPA SD/MI dengan Pendekatan QS2. Kedua, Modul(Panduan) ajar Guru IPA SMP/MTs dengan pendekatan QS2 dan ketiga, Panduan Untuk Melatih Para Guru IPA SD/MI dengan Pendekatan Quranic Socio science.

Dalam pelaskanannya, kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang, yakni gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 22 Oktober 2021, terdiri dari 40 Guru-guru IPA SD/MI, SMP/MTs (dibagi menjadi 2 kelas, masing-masing 20 orang) dan Gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 28 Oktober 2021 terdiri dari Para Pakar/ahli di bidang Al-Quran dan sains.

"Pendekatan QS2 ini adalah model baru, bagaimana memberikan pemahaman dan pembelajaran IPA (Sains) kepada Murid. Nilai nilai Ilahiyah yg termaktub dalam Alquran (ayat ayat qauliyah) dan yang ada di semesta (ayat ayat kauniyah) haruslah menjadi satu keterpaduan sehingga menghasilkan Implementasi Insaniyah (Nilai nilai keshalihan sosial yg berwawasan semesta)," kata Ketua FGM Jawa Barat, Supala

Sementara itu Kepala Pusat P4TK IPA, H Enang Ahmadi berharap,  selain melahirkan modul pembelajaran dengan paradigma baru Quranic Socio science, juga lahir para pendidik yg berwawasan Tajdid dengan Tauhid yang kuat.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tok, Disepakati! 40 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2022, Termasuk UU Cipta Kerja https://t.co/MS96qcoGRV
BNPB Sebut Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Terpenuhi https://t.co/ULwWVhLrgG
Prakiraan Cuaca Kabupaten Subang 7 Desember 2021 dari Pagi Sampai Malam https://t.co/fzMC2prkSP
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter