FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

YPI Al-Ukhuwah Pagaden Subang Siapkan Generasi Unggul Lewat Kurikulum Unik Berbasis Proyek

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Perkembangan era globalisasi memberi dampak perubahan terutama di dalam Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan).

Hal ini menuntut adanya perubahan sistem pendidikan, sumber belajar serta kebutuhan belajar.

Untuk merespon tersebut, Yayasan Pendidikan Islam Al-Ukhuwah yang beralamat di Kecamatan Pagaden, Subang, mempelopori perubahan dengan menerapkan Kurikulum Unik Al-Ukhuwah pada semester genap di tahun ajaran 2021-2022 ini.

Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ukhuwah H. Erwin Kurnia Wijaya, M.Pd menjabarkan kurikulum Unik Al-Ukhuwah untuk masa depan berbasiskan proyek ini disusun dalam rangka mengakomodir perkembangan manajemen pengetahuan tersebut.



 FOLLOW SOCMED:
TK Kemala Bhayangkari 32 Majalengka Juara III Lomba Spelling Bee Tingkat Jabar
SMPIT Al-Majid Subang Bekali Siswa dengan Muhadhoroh dan Hafalan Hadits
SDIT Alamy Subang Raih Juara Umum Assyifa Festival 2022

Kurikulum ini lebih memfokuskan pendidikan pada peserta didik, bukan pada bidang studi dengan memperkecil grup belajar siswa agar bisa lebih efektif dan terpantau perkembangan masing-masing anak.

"Proses belajar mengajar yang lebih memperbanyak aktivitas serta proyek-proyek pembelajaran, menjadikan kegiatan tersebut lebih menarik dan memberikan pengalaman baru bagi peserta didik, tidak hanya terpaku dengan pembelajaran teori di kelas," papar Erwin Kurnia

Kurikulum ini juga, kata Erwin, lebih memfasilitasi keberagaman potensi peserta didik dan memberi ruang belajar lebih banyak bagi spesialisasi/kekhususan tiap anak.

Sub bidang yang dikembangkan dalam kurikulum unik ini, jelas Erwin, berfokus pada empat kategori, yakni;