FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menelusuri Gereja Tertua di Kabupaten Subang




"Ini gereja pertama dan tertua di Subang karena didirikan sejak 1968 di Subang. Kalau merintis gereja di Subang sendiri sudah dari 1948. Namun baru didirikan sejak 1968 itu," kata Pendeta Denny Rorimpandey Jumat (20/12/2013).

Sejak gereja itu dibangun, sejumlah gereja lain di Subang mulai didirikan. Salah satunya di Pamanukan dan di wilayah Subang kota sendiri. "Di Subang ada empat gereja. Di Pamanukan dan sisanya di pusat Subang kota," ujarnya.

Semenjak berdirinya gereja ini sejak 1968, tidak banyak perubahan bangunan yang asli. Hanya saja, menurutnya, telah dilakukan dua renovasi bagian bangunan yang rusak. "Ini bangunan asli dari dulu, tidak ada perombakkan atau tidak ada yang dirubah. Paling bagian-bagian bangunan yang direnovasi," kata dia.

Menurutnya, meski gereja ini dibangun usai perang kemerdakaan RI, arsitektur bangunan pun dibangun dengan gaya Eropa - Indonesia. Arsitektur tersebut, tidak semua gereja menerapkannya. "Yang khas dari gereja ini arsitekturnya Eropa-Indonesia. Itu bisa dilihat dari bagian depan gereja yang berbentuk segitiga dan itu melambangkan Trinitas," kata dia.

Menjelang perayaan Natal tahun ini, bersamaan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Subang sehari sebelumnya, Denny mendoakan agar Subang bisa lebih baik dari sebelumnya. "Menjelang hari Natal ini, kami berdoa agar kaum miskin dan papa di Subang dapat sejahtera. Moralnya selalu berjalan di jalan lurus. Dipulihkaan segala konflik. Terlebih lagi, semoga masalah infrastruktur di Subang ini bisa segera selesai," katanya.

Di Subang sendiri untuk gereja ini, jemaatnya sebanyak 150 kepala keluarga yang tersebar dari segala penjuru Subang. Saat ini, pihaknya di gereja tersebut tengah mempersiapkan perayaan Natal pada pekan depan. "Perayaan Natal nanti ada pertunjukkan drama kelahiran Yesus disini. Selain itu tentunya ada acara ibadah umum," kata dia. [nugraha]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini

 



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gandeng Google Inisiative dan Cek Fakta, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita Tangkal Hoaks https://t.co/gbBZz2QGGg
PT KAI Berinovasi, Wagub Jabar: Ada Layanan Live Cooking https://t.co/Zs4LfIKT2m
HUT Ke-61, BPN Bikin Warga Kabupaten Subang Sumringah https://t.co/mhQwKV6bKA
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter