10 Cara Ampuh Meredakan Gelisah dan Jantung Berdebar

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Apakah kamu pernah mengalami perasaan gelisah yang disertai dengan detak jantung yang berdebar lebih cepat dari biasanya? Jika iya, jangan langsung panik. Terkadang, jantung yang berdebar tidak selalu menjadi tanda bahwa kamu menderita penyakit tertentu. Ada banyak penyebab yang mungkin membuatmu merasa gelisah dan mengalami detak jantung yang tidak teratur.

Penyebab Jantung Berdebar

Menurut National Health Service (NHS), beberapa penyebab umum dari jantung berdebar adalah sebagai berikut:

1. Olahraga Berat: Saat kita berolahraga intensif, detak jantung kita meningkat sebagai respons alami tubuh terhadap aktivitas fisik yang tinggi.

2. Kurang Tidur dan Beristirahat: Kekurangan tidur dan istirahat yang cukup dapat mengganggu ritme jantung kita.

3. Stres dan Kecemasan: Situasi stres atau kecemasan dapat memicu reaksi tubuh, termasuk peningkatan detak jantung.

4. Obat-obatan: Beberapa obat-obatan tertentu dapat memiliki efek samping berupa peningkatan detak jantung.

Baca Juga:  Manfaat Tomat untuk Diet

5. Konsumsi Alkohol atau Kafein: Minuman beralkohol dan minuman berkafein seperti kopi dan teh juga dapat memengaruhi detak jantung.

Cara Mengatasi Gelisah dan Jantung Berdebar

Bagaimana sebaiknya mengatasi perasaan gelisah dan jantung berdebar ini? Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil:

1. Melatih Pernapasan: Salah satu cara sederhana untuk mengatasi gelisah dan jantung berdebar adalah dengan melatih pernapasan. Caranya adalah dengan duduk dalam posisi yang nyaman, menutup mata, dan mengikuti langkah-langkah berikut:
– Tarik napas perlahan melalui hidung selama 3 detik.
– Hembuskan napas perlahan melalui mulut selama 3 detik.
– Lakukan ini sambil membayangkan bahwa semua beban dan kecemasan telah dilepaskan.
– Tahan napas selama 3 detik sebelum mengulangi langkah ini selama 5-10 menit.

2. Manuver Vagal: Manuver vagal dapat membantu memperlambat detak jantung. Ini bisa dilakukan dengan menahan napas seolah-olah buang air besar, meletakkan es atau handuk dingin di wajah, percikan air dingin ke wajah, mandi dengan air dingin, atau pijatan leher.

Baca Juga:  6 Langkah Mudah untuk Mencegah Diabetes Melitus

3. Minum Air Putih: Dehidrasi dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan kita setiap hari.

4. Hindari Makanan dan Minuman yang Menstimulasi: Kafein, yang ditemukan dalam kopi, teh, dan soda, dapat meningkatkan detak jantung. Hindarilah konsumsi berlebihan dari zat ini.

5. Olahraga Teratur: Olahraga rutin dapat membantu mengatur ritme jantung dan mengurangi kecemasan. Ini tidak harus berat; olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau berjalan cukup membantu.

6. Menjaga Keseimbangan Elektrolit: Elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium memainkan peran penting dalam mengatur detak jantung. Pastikan kita menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

7. Mendengarkan Musik: Mendengarkan musik yang menenangkan seperti jazz, musik instrumental, atau musik alam dapat membantu merilekskan pikiran dan tubuh.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Cincau Hitam, Selain Lezat Juga Berkhasiat

8. Tidur yang Cukup: Tidur yang baik selama 7-8 jam per malam sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari detak jantung yang tidak teratur.

9. Gunakan Aromaterapi: Aromaterapi dengan aroma- aroma seperti chamomile, vanilla, atau lavender dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

10. Hindari Stres Berlebih: Hindari situasi yang dapat menimbulkan stres berlebihan dan praktikkan strategi untuk mengurangi stres seperti latihan pernapasan, olahraga teratur, dan mengalihkan perhatian ke hal-hal positif.

Dalam menghadapi perasaan gelisah dan jantung berdebar, tidak selalu diperlukan intervensi medis. Dengan menjaga gaya hidup sehat dan menerapkan teknik-teknik relaksasi, kita dapat mengurangi gejala ini dan menjaga kesehatan mental dan fisik kita. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu dalam mengatasi gelisah dan jantung berdebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com