Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan Panjang

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Momen libur Isra Mi’raj, Tahun Baru Imlek 2024, dan akhir pekan ini membuat banyak orang memilih untuk berlibur. Di tengah antusiasme menjalani liburan panjang, Anda tetap perlu menjaga kesehatan tubuh.

Sebab, musim hujan masih melanda beberapa wilayah di Tanah Air hingga bulan April mendatang. Oleh karena itu, cuaca dingin kerap kali meningkatkan risiko terkena penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan atau flu dan berbagai penyakit lainnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dari Sistem Informasi Kesehatan (SIK), diagnosa Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD DKI Jakarta menunjukkan berbagai penyakit seperti demam, dispepsia atau sindrom gejala penyebab gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan atas akut, nyeri perut atau abdominal pain dan diare, menjadi lima penyakit dengan jumlah kasus tertinggi. Data itu diperoleh sejak 1 Januari 2024 sampai 8 Februari 2024.

Baca Juga:  Halo Wargi! Berikut 3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Agar momen liburan tidak rusak karena mengalami gangguan kesehatan, maka penting untuk Anda tetap menjalani hidup sehat. Untuk itu, Roojai, insurtech terpercaya di Indonesia yang berizin resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin membagikan tips menjaga kesehatan tubuh saat liburan panjang.

Memeriksakan Kesehatan Tubuh
Sebelum menjalani libur panjang, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan tubuh. Jika telah terdeteksi penyakit tertentu, maka harus lebih berhati-hati saat liburan panjang.

Misalnya, jika Anda memiliki penyakit hipertensi, maka rajin mengukur tekanan darah. Jika Anda memang telah didiagnosa sakit diabetes, maka harus rajin untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh, karena tidak jarang ketika berlibur pola makan jadi lebih tidak teratur.

Baca Juga:  Wapres Maruf Amin Berharap Capres Terpilih Merangkul Semua Pihak

Tak hanya itu saja, pastikan untuk mengonsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter dan kenali gejala awal agar bisa mencegah terjadinya perburukan kondisi.

Jaga Stamina Tubuh dengan Cukup Beristirahat
Saat sedang liburan, seringkali kita lupa menjaga kesehatan tubuh dengan kurang istirahat. Jika kebutuhan istirahat sering diabaikan, maka stamina tubuh dapat lemah. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh jadi kurang baik dan membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Untuk itu, agar daya tahan tubuh senantiasa terjaga, pastikan Anda tetap beristirahat minimal 6 jam sehari untuk orang dewasa.

Selengkapnya…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com