Inilah Jenis Ikan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes harus memperhatikan pola makan mereka agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah memilih makanan yang tepat. Meskipun ikan umumnya dianggap sebagai pilihan makanan sehat, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

  1. King Mackerel

Ikan king mackerel hidup di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Namun, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), ikan ini mengandung kadar merkuri yang tinggi, yang dapat berbahaya bagi otak dan sistem saraf. Khususnya bagi penderita diabetes, risiko ini lebih signifikan karena kerusakan saraf yang mungkin dialami.

  1. Ikan Todak

Ikan todak, atau yang juga dikenal sebagai swordfish, memiliki ciri khas rahang atas dan moncong yang memanjang menyerupai pedang pipih. Meskipun dagingnya lezat dan berlimpah, ikan ini mengandung kadar merkuri yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari beberapa jenis ikan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi ikan todak, terutama bagi penderita diabetes.

  1. Ikan Hiu
Baca Juga:  Waspadai Sejumlah Penyakit ini yang Muncul Saat Cuaca Panas

Daging ikan hiu mengandung logam beracun seperti merkuri dalam kadar yang jauh melebihi batas yang aman. Kandungan merkuri yang tinggi ini dapat memicu berbagai penyakit, termasuk kerusakan sistem saraf pusat dan penurunan fungsi otak. Selain itu, ikan hiu juga berpotensi mengandung zat-zat berbahaya lainnya seperti PCB dan DDT. Tidak hanya itu, ikan hiu juga dapat membawa racun laut bernama ciguatoksin yang berbahaya dan sering kali berakibat fatal.

  1. Ikan Marlin

Seperti hiu, ikan marlin juga berada di puncak rantai makanan di lautan, sehingga potensi kandungan merkuri di dalam tubuhnya cenderung lebih tinggi dari beberapa jenis ikan lainnya.

  1. Ikan Tuna
Baca Juga:  Ternyata Ada Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh Jika Anda Mengkonsumsi Bawang Hitam

Bigeye tuna atau ikan tuna mata besar juga perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes karena potensi kandungan merkuri yang tinggi. Selain itu, membatasi konsumsi ikan tuna juga dapat membantu mencegah asupan garam yang dapat menyebabkan resistensi insulin.

Memperhatikan jenis-jenis ikan yang sebaiknya dihindari tersebut merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan penderita diabetes.

Sebagai gantinya, pilihlah jenis ikan lain yang rendah kandungan merkuri, seperti salmon, sarden, atau trout, untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi bagi tubuh Anda.

Tetaplah berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Sumber: KOMPAS.tv

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com