Makanan Tinggi Lemak Namun Menyehatkan, Wajib Dicoba!

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Penting untuk diingat bahwa tidak semua makanan tinggi lemak adalah musuh bagi kesehatan. Beberapa makanan kaya lemak sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Pada pandangan pertama, istilah “makanan tinggi lemak” seringkali dikaitkan dengan makanan cepat saji, gorengan berminyak, dan daging olahan yang sebaiknya dihindari.

Namun, ada makanan berlemak sehat yang sebaiknya dijadikan pilihan dalam menu harian Anda.

Makanan tinggi lemak yang sehat ini memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan sel, perkembangan otak, pencernaan, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi lemak sehat juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu dalam pengaturan berat badan. Selain itu, makanan tinggi lemak yang sehat juga mengandung berbagai vitamin, serat, protein, dan mineral yang penting untuk kesehatan Anda.

Inilah daftar makanan tinggi lemak yang sehat dan bermanfaat, seperti dilansir dari lifestyleasia.com:

  1. Alpukat Alpukat adalah contoh makanan tinggi lemak yang sehat. Alpukat mengandung sekitar 44 gram lemak dan 6-7 gram serat dalam satu buah berukuran sedang. Lemak yang terkandung dalam alpukat, terutama asam oleat, memiliki manfaat anti-inflamasi dan mendukung kesehatan jantung. Alpukat juga dapat meningkatkan kadar “kolesterol baik” sambil menurunkan “kolesterol jahat.”
  2. Dark Chocolate (Cokelat Hitam) Dark chocolate atau cokelat hitam yang mengandung minimal 70% kakao merupakan pilihan yang baik. Meskipun tinggi lemak, dark chocolate kaya akan antioksidan seperti resveratrol dan epicatechin. Selain manfaat lemaknya, dark chocolate juga dapat meredakan stres dan meningkatkan mood. Itulah mengapa banyak orang memilih dark chocolate sebagai cemilan saat merasa tertekan.
  3. Ikan Ikan berlemak seperti tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Asam lemak ini juga membantu dalam mengatur kadar gula darah, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain lemak sehat, ikan juga mengandung protein berkualitas tinggi serta berbagai vitamin dan mineral penting.
  4. Keju Keju mengandung lemak sehat, termasuk asam linoleat terkonjugasi, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan melindungi kesehatan jantung. Selain lemak, keju juga merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan berbagai nutrisi lain yang penting. Keju juga mengandung protein tinggi.
  5. Telur Telur sering dihindari karena dianggap tinggi lemak dan kolesterol. Namun, jenis lemak dalam telur sebenarnya sehat, termasuk asam lemak omega-3 yang membantu meredakan peradangan dan menurunkan risiko penyakit seperti asma dan kanker. Kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak berdampak signifikan pada kolesterol darah, selama kadar kolesterol Anda tetap terkendali.

Jadi, jangan takut untuk menyertakan makanan tinggi lemak sehat ini dalam diet Anda. Selama dikonsumsi dengan bijak dan seimbang, makanan ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan memperkaya pengalaman kuliner Anda.