Mengungkap Penyebab Renggangnya Pernikahan Menurut Psikolog

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pernikahan, sebagai institusi suci yang diharapkan abadi, sering kali terperosok dalam keterpurukan yang mengakibatkan pasangan menjadi terpisah.

Penyebab-penyebab yang mendasarinya, menurut pandangan psikolog, dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Mengorbankan Kebutuhan Pribadi

    Penelitian dari Forbes menunjukkan bahwa menempatkan kebutuhan pernikahan di atas keinginan pribadi merupakan tindakan sadar daripada penerimaan pasif. Pengorbanan semacam itu dapat berujung pada ketidakpuasan dan kesengsaraan pribadi karena kebutuhan diri sendiri terabaikan.

    Studi pada tahun 2022 menunjukkan bahwa pengorbanan semacam ini dapat mengurangi kepuasan hubungan, baik bagi pemberi maupun penerima pengorbanan. Disarankan untuk berkomunikasi secara terbuka mengenai kebutuhan pribadi dan mengevaluasi perlunya pengorbanan sebelum dilakukan.

  2. Memiliki Kebiasaan Negatif

    Kebiasaan negatif, seperti keegoisan atau kurangnya kesadaran sosial, dapat mengganggu hubungan pernikahan. Kepasifan dalam menghadapi perilaku negatif ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Penting untuk mengatasi perilaku negatif tersebut secara langsung demi memperbaiki dinamika perkawinan.

  3. Masalah Keuangan

    Konflik keuangan seringkali menjadi sumber stres dalam pernikahan. Perbedaan pendapat tentang pengelolaan keuangan dapat menimbulkan ketegangan. Pasangan perlu memiliki strategi keuangan yang jelas dan terbuka mengenai kebiasaan serta ekspektasi finansial.

  4. Ketidaksetiaan

    Perselingkuhan, baik secara fisik maupun emosional, merupakan pelanggaran kepercayaan yang berpotensi menghancurkan pernikahan. Memulihkan hubungan setelah perselingkuhan membutuhkan upaya besar, termasuk konseling dan terapi pernikahan.

  5. Pengaruh Pihak Luar

    Intervensi dari pihak luar, seperti keluarga atau teman, dapat menimbulkan tekanan dan stres dalam pernikahan. Batasan yang jelas dengan pihak luar perlu ditetapkan, dan pasangan perlu belajar menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan

  • Mengutamakan komunikasi yang terbuka dan jujur.
  • Memiliki strategi keuangan yang jelas.
  • Menjaga saling menghormati dan menghargai merupakan beberapa tips yang dapat membantu menjaga keharmonisan pernikahan.
  • Meluangkan waktu berkualitas bersama.
  • Menjaga keintiman fisik dan emosional.
  • Mencari bantuan profesional jika diperlukan juga penting untuk membangun hubungan yang langgeng dan bahagia bagi kedua belah pihak.

Dengan memahami penyebab utama keretakan pernikahan dan menerapkan tips-tips di atas, pasangan dapat meningkatkan peluang membangun hubungan yang langgeng serta bahagia.

Baca Juga:  5 Minuman Pembersih Ginjal, Ampuh untuk Usir Racun Dalam Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com