Waspada! Penyakit Kulit Ini Kerap Datang Saat Musim Hujan

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Musim hujan seringkali menjadi waktu yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun bagi kulit tubuh, ini bisa menjadi waktu yang sulit.

Dengan udara yang lembab dan genangan air di mana-mana, kulit menjadi rentan terhadap berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis penyakit kulit yang mungkin muncul selama musim hujan dan bagaimana cara mencegahnya.

1. Kutu Air

Kutu air adalah salah satu infeksi jamur yang umum terjadi pada kaki selama musim hujan. Gejala yang muncul berupa gatal, kemerahan, dan ruam di sela-sela jari kaki. Infeksi ini dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi jamur.

Untuk mencegahnya, perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan kaki, menghindari berjalan tanpa alas kaki di tempat yang lembab, dan tidak menggunakan handuk atau kaus kaki yang sama dengan orang yang terinfeksi.

2. Penyakit Kurap

Penyakit kulit lain yang perlu diwaspadai adalah penyakit kurap, yang disebabkan oleh infeksi jamur dan dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Gejala umumnya berupa ruam kemerahan berbentuk lingkaran yang sangat gatal dan bersisik. Untuk mencegahnya, menjaga kebersihan tubuh dengan menggunakan pakaian bersih, menjaga kelembapan tubuh, dan mencuci handuk dengan sabun dan air hangat sangatlah penting.

Baca Juga:  7 Jenis Teh yang Bisa Meningkatkan Umur Panjang

3. Kudis

Kudis adalah penyakit kulit yang sangat menular dan disebabkan oleh infeksi parasit. Penyakit ini dapat menyebar melalui kontak kulit secara langsung dengan penderita atau melalui air genangan yang kotor. Untuk mencegah penyebarannya, penting untuk mencuci semua pakaian dan kain yang digunakan dengan air hangat dan sabun, serta menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan dan kaki setelah terkena air genangan.

4. Eksem

Eksem adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, bersisik, dan gatal-gatal. Kondisi ini dapat menjadi lebih parah jika terjadi infeksi kulit sekunder. Untuk mencegahnya, hindari menggaruk saat terasa gatal, dan gunakan obat antigatal sesuai anjuran jika diperlukan.

5. Kulit Merah-Merah

Kulit merah-merah merupakan kondisi berbahaya bagi kulit sensitif yang disebabkan oleh pemakaian kaus basah terlalu lama setelah terkena hujan. Biasanya terjadi pada area lipatan tubuh dan dapat menyebabkan iritasi kulit yang dapat berkembang menjadi lecet dan nyeri.

Baca Juga:  Ahli Gizi Sebut, Gula dan Pemanis Buatan Tidak Penting untuk Anak-anak

6. Biang Keringat

Biang keringat adalah ruam kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh keringat berlebihan yang menyumbat pori-pori kulit. Meskipun biasanya terjadi pada musim panas, kondisi ini juga bisa muncul saat musim hujan akibat kelembapan yang meningkat. Untuk mencegahnya, gunakan pakaian berbahan katun dan jaga kulit tetap kering.

7. Infeksi Kuku

Infeksi kuku oleh jamur dapat terjadi karena kelembapan yang meningkat selama musim hujan. Untuk mencegahnya, penting untuk menjaga kebersihan tangan dan kaki, serta menghindari paparan bakteri yang dapat masuk melalui luka pada kuku.

Dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan serta mengikuti langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko penyakit kulit selama musim hujan.

Jika gejala penyakit kulit muncul, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com