FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

10 Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget Saat Pandemi Covid-19

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Menjadi orangtua di masa digital ini memang penuh dengan tantangan. Terutama jika memiliki anak yang aktif dalam tumbuh kembangnya.

Hal ini disampaikan oleh Psikolog Rumah Sakit Pondok Indah- Puri Indah, Meriyati M.Psi, Psi dalam diskusi daring bertauk Kesehatan Mental Anak dan Remaja di masa Pandemi, Selasa (29/6/2021).

Meriyati menilai penggunaan gawai (gadget) saat ini semakin mengkhawatirkan, karena penggunaannya semakin berlebihan pada masa pandemi Covid-19. Sehingga membutuhkan langkah-langkah tepat untuk menerapkan pola asuh di era digital.

"Perlu langkah-langkah tepat untuk menerapkan pola asuh di era digital, agar anak dan remaja terhindar dari kecanduan gadget atau gawai, serta terbentuk sikap dan mental yang baik di dalam diri anak dan remaja," kata Meriyati.

Berikut beberapa tips digital parenting yang bisa Anda terapkan di rumah kepada anak Anda, untuk menghindari kecanduan gadget.

1. Membuat jadwal
Anda sebagai orangtua harus membuat jadwal supaya anak dapat tertib dalam mengatur dirinya sendiri. Aturlah jadwal aktivitas, belajar, bermain, hingga tidur mereka yang sebaik mungkin, tetapi tidak membuat mereka tertekan dan stres.

2. Lakukan rutinitas
Usahakan anak-anak, melakukan rutinitas yang sudah ada atau bisa juga membuat yang baru. Contohnya, seperti bangun di pagi hari pada jam yang sama seperti ketika anak bersekolah.
Upayakan jangan beri toleransi akan hal ini, dan biarkan anak kembali melanjutkan tidurnya pada saat siang hari (tidur siang). Setelah bangun pagi, berilah sarapan sehat, mandi pagi atau ajaklah berolaharaga terlebih dahulu.

3. Buat peraturan bersama
Meriyati menegaskan, Anda harus membuat peraturan bersama terkait bagaimana, kapan, dan di mana internet boleh digunakan. Aturlah jadwal berapa jam dalam sehari anak boleh memegang gawai atau gadget-nya.

Jadwal itu bisa di luar jadwal belajar daring mereka. Misalnya dalam sehari anak cuma boleh pegang gadget 30-60 menit sebelum jam tidur siang. Maka, jika sudah sampai 30-60 menit itu, orangtua harus mengambil gawai dari anaknya.

Begitu selanjutnya, aturlah jam-jam tertentu agar dia bisa fokus atau dapat melakukan rutinitas yang lainnya selain bermain gadget. Selain itu, atur juga kapan dan saat apa anak-anak tidak boleh sama sekali memegang gadgetnya.

TIPS SELANJUTNYA ADALAH...



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter