FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ahli Jelaskan Alat Tes Antigen yang Jadi Rusak Jika Kena Air

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Epidemiolog dan ahli biologi menjelaskan alat Rapid Test Antigen bisa menunjukkan hasil positif jika terkontaminasi air. Hal ini dikatakan buat menanggapi video viral seseorang menemukan indikator alat berubah positif usai dituang air keran.

Epidemiolog Universitas Griffith Dicky Budiman mengatakan kandungan pH (power of hydrogen) alias tingkat kebasaan pada air dapat merusak antibodi yang ada dalam Rapid Test Antigen.

"Dalam testing itu ada kandungan pH. Jadi ketika pH. Intinya karena telah terjadi kerusakan dari alat itu sendiri, maka akhirnya hasilnya invalid, bisa jadi positif," ujar Dicky seperti dimuat di laman CNNIndonesia.com, dikutip Kamis (29/7/2021).

BACA JUGA:
Sindikat Pembuat Surat Antigen Palsu Berhasil Diringkus di Depok

Menurut Dicky SARS-CoV-2 tidak ditularkan melalui air, melainkan udara. Dia bilang jika bila sampel yang diuji pada alat bukan yang seharusnya, misalnya air, maka dapat terjadi kerusakan pada proses deteksi virus corona. Akibat hal ini disebut reaksi alat menjadi tidak valid.

Cara penggunaan Rapid Test Antigen yaitu memakai sampel antigen atau protein yang diambil menggunakan metode swab lendir hidung atau tenggorokan.

Cara pengambilan sampel sama seperti tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Namun Rapid Test Antigen mendeteksi protein terluar di bagian tubuh virus corona (SARS-CoV-2) dan akurasinya lebih rendah dari PCR.

Dicky menjelaskan kandungan pH dan pengenceran yang ada pada sampel Rapid Test Antigen memengaruhi hasil pengetesannya.

"Ini kan ada juga masalah keasaman, asam basa dan pengenceran ya berpengaruh," kata dia.



Baca selengkapnya di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sebulan Berlalu, Polisi Ungkap Alasan Belum Terungkapnya Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang https://t.co/wVW1mwktnq
Jabar Masuk Lima Besar Indeks Keterbukaan Informasi Publik Terbaik di Indonesia https://t.co/Ss5gVP9MlE
Video Arogansi Oknum Anggota Satpol PP Gegerkan Warga, Begini Ulahnya https://t.co/xMo7RriWQ4
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter