FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Manfaat Baik Makan dengan Tangan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Rasulullah SAW selalu menggunakan tangannya secara langsung untuk makan. Ternyata ada manfaat kesehatan di balik anjuran makan dengan tangan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Sosok Nabi Muhammad SAW menjadi panutan yang setiap perilakunya akan membawa keberkahan jika dicontoh. Sikap dan kebiasaan Rasulullah ini juga menjadi panduan bagi umat Muslim untuk bertindak dan melakukan segala hal.

Beragam kegiatan yang dilakukan dengan cara Rasulullah dinilai menjadi kegiatan yang akan selalu diridhai oleh Allah SWT. Bahkan dalam hal yang paling sederhana sekalipun, makan, Rasulullah telah banyak mencontohkan cara makan sebagaimana mestinya.

Mulai dari mengonsumsi makanan-makanan sehat, waktu makan, hingga cara makan yang seharusnya juga dilakukan oleh umat Muslim. Salah satunya adalah makan dengan tangan yang justru banyak dianggap tidak baik oleh beberapa budaya.

Saat waktu makan tiba, Rasulullah tidak akan mengambil sendok dan garpu untuk mulai menyantap makanannya. Saat menyantap makanan yang tidak berkuah seperti makan nasi, Rasulullah akan memilih untuk makan langsung dengan tangan.

Ketika makan, Rasulullah akan menggunakan tiga jari dari tangan kanannya untuk menyuapkan makanan ke dalam mulutnya. Setelah selesai makan pun, ternyata Rasulullah akan menjilat jari-jarinya sekaligus menjadi cara untuk membersihkan ujung jarinya.

"Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan," (Hadits Riwayat Muslim).



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

[OPINI] Dapatkan Anda Hidup Tanpa Layanan Google? https://t.co/uR7joflSIj
Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Spesial Khas Sunda https://t.co/4YWs48wEfW
Sebuah Rumah Tiba-tiba Ambruk, Tewaskan Ibu dan Anak Balitanya https://t.co/T8CW1nEPEm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter