FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

dr. Zaidul Akbar Buka Suara Soal Tempe Mentah Dicocol Madu

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Seringkali membagikan tips kesehatan, dr Zaidul Akbar contohkan konsumsi tempe mentah dicocol madu. Menurutnya cara ini ampuh untuk membuat tempe lebih kaya nutrisi.

Praktisi kesehatan yang dikenal dengan Jurus Sehat Rasulullah-nya ini selalu menekankan bahwa tempe merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Produk olahan kacang kedelai yang melalui proses fermentasi ini dikatakan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kali dr Zaidul Akbar juga menjelaskan ciri-ciri tempe yang bagus. Menurutnya tempe yang bagus adalah yang menggunakan kacang kedelai lokal. Baru-baru ini beliau juga mengungkapkan cara sehat untuk konsumsi tempe dan membuatnya semakin bernutrisi.

BACA JUGA:
Bikin Sendiri Tempe Goreng Tepung yang Renyah

Melalui akun Instagramnya @zaidulakbar, beliau berbagi video momen dirinya saat ngemil tempe. Bukan tempe goreng atau tempe orek, melainkan tempe mentah yang dicocol madu.

"Cara sehat makan tempe, tempe merupakan produk fermentasi yang sangat baik dan penuh dengan kandungan gizi berlimpah di dalamnya dan ketika
tempe dimakan bersama madu maka kita akan dapat manfaat yang lebih banyak lagi," kata dr Zaidul Akbar pada unggahan video, Minggu (11/7).

Lebih lanjut, dr Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa tempe yang ia santap ini sebenarnya tidak benar-benar mentah. Pada proses pembuatan tempe, dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa kacang kedelai akan dikukus terlebih dahulu. Sehingga tempe mentah sekalipun sebenarnya sudah melalui proses pemasakan dan tidak benar-benar mentah.

"Oh ya itu tempe aslinya kedelainya sudah direbus, jadi udah mateng kan, kemudian difermentasi jadilah tempe. Terus yg saya makan itu tempe apa? Ya tempe yang dibuka dari bungkusnya lalu dikasih madu. Nggak diapa-apain? Nggak. Ya gitu saja, kan sudah direbus kedelainya," beber pria yang dikenal dengan 'Ramuan Cinta' berbahan rempah alami ini.



BACA JUGA:
Harga Kedelai Mahal, Harga Tempe dan Tahu di Subang Kompak Naik

Cara makan tempe mentah seperti ini juga bisa jadi pilihan camilan sehat. Selain dengan cocolan madu, dr Zaidul Akbar juga mengatakan bisa dicocol dengan sambal. Alternatif cara makan tempe sehat lainnya juga dapat dilakukan dengan cara dihaluskan bersama cabai lalu dimakan dengan singkong rebus.

"Jadi paham kan bahwa tempe itu udah mateng, kita aja yang pahamnya bahwa tempenya mentah karena belum digoreng, padahal kedelainya udah matang direbus," ujarnya.

Bagaimana kandungan gizi dalam tempe dan madu? Baca di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

[OPINI] Dapatkan Anda Hidup Tanpa Layanan Google? https://t.co/uR7joflSIj
Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Spesial Khas Sunda https://t.co/4YWs48wEfW
Sebuah Rumah Tiba-tiba Ambruk, Tewaskan Ibu dan Anak Balitanya https://t.co/T8CW1nEPEm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter