FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

6 Gejala DBD Yang Tidak Boleh Diremehkan Berikut Penanganannya

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM -  Demam Berdarah Dengue alias DBD adalah infeksi virus yang disebabkan oleh nyamuk yang bisa berbahaya bila tidak ditangani segera. Sayangnya, penyakit ini sering kali diabaikan karena gejalanya disalahartikan sebagai gejala kondisi kesehatan lain yang tidak serius.

Akibatnya, ada banyak kasus DBD yang berakhir fatal karena terlambat dideteksi dan ditangani. Itulah mengapa penting untuk mengenali gejala DBD. Umumnya, penyakit ini menimbulkan gejala sekitar empat sampai sepuluh hari setelah mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Bila Si Kecil belum pernah terinfeksi sebelumnya, gejala yang dialaminya bisa lebih parah dibanding dengan orang dewasa. Berikut ulasannya.

Penyakit demam berdarah harus segera mendapat penanganan medis untuk menghindari dampak buruk. Oleh sebab itu, baik pengidap maupun keluarga perlu mengetahui perbedaan gejala demam berdarah yang muncul dengan gejala penyakit lain, sehingga tidak mengabaikannya.

BACA JUGA: Waspada! DBD Serang Ratusan Orang, Tertinggi Berada di Kecamatan Subang

Berikut ini beberapa gejala umum dari DBD yang perlu diketahui yang dikutip dari halodoc.com:

1. Demam Tinggi Mendadak

Demam merupakan gejala yang bisa disebabkan oleh banyak penyakit. Pada DBD, demam terjadi secara mendadak. Namun, banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 derajat Celcius. Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk, sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari. Gejala DBD ini juga dapat terjadi pada anak-anak.

2. Nyeri Otot

Selain demam, pengidap DBD biasanya juga merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti belakang mata, otot, sendi, serta tulang. Gejala ini biasanya disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat. Hal ini dapat terjadi pada 4 hingga 10 hari awal saat virus dengue memasuki tubuh. Nyeri otot dapat terjadi bersamaan dengan demam tinggi serta sakit di kepala dan juga dapat menjadi gejala dbd pada anak.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Lakukan satu hal yang menurut Anda tidak bisa Anda lakukan. Gagal melakukanya. Coba lagi!." ~Oprah Winfrey~ https://t.co/CIUhzkeH17
Atlit Subang Sumbang 5 Medali Emas di PON XX Papua, Ini Daftarnya https://t.co/aKmqReoAG7
Dirjen Binapemdes Kemendagari Pantau Pilkades Serentak di Purwakarta https://t.co/3KZ7FCTinO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter