FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Musim Hujan Segera Tiba, Jaga Kesehatan dengan 5 Langkah Ini

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Cuaca segera berganti dari musim kemarau menjadi musim hujan. Musim hujan biasanya rentan terjadi berbagai penyakit.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada beberapa alasan mengapa musim hujan rentan mendatangkan banyak penyakit.


1. Perubahan suhu yang ekstrem

Saat siang hari atau saat sedang tidak hujan, suhu udara umumnya cenderung panas, sementara saat hujan turun, suhu mendadak mengalami penurunan. Penurunan suhu ini tentu menuntut tubuh untuk beradaptasi dan secara tidak langsung memengaruhi daya tahan tubuh.

2. Minimnya aktivitas fisik

Biasanya, cuaca mendung dan hujan membuat Anda lebih memilih untuk berdiam diri atau bermalas-malasan di rumah dibanding melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk meraih tubuh yang sehat. Gaya hidup sedenter—yaitu gaya hidup yang didominasi oleh banyak duduk atau tidak bergerak dan kurang berolahraga—saat musim hujan menyebabkan tubuh kurang bugar sehingga Anda mudah terserang penyakit.

3. Kurangnya paparan sinar matahari

Saat musim hujan, kondisi ini memang tak terhindarkan karena sinar matahari lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal, sinar matahari, terutama pada pagi hari, sangat baik untuk tubuh.

Akibat beberapa faktor yang disebutkan di atas, berbagai penyakit bisa menyerang. Berbagai penyakit yang paling sering ditemui adalah diare, batuk, dan pilek atau yang disebut sebagai common cold.

“Tak hanya itu, penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, juga bisa menyerang,” kata dr. Sepriani.


Langkah-langkah agar tubuh sehat jelang musim hujan...



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Spesial Khas Sunda https://t.co/4YWs48wEfW
Sebuah Rumah Tiba-tiba Ambruk, Tewaskan Ibu dan Anak Balitanya https://t.co/T8CW1nEPEm
Innalillahi wainnailaihi rojiun, Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Budi Santoso, Pimred https://t.co/8aYXtkgX1Z. Aha… https://t.co/PzDuq2OeQV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter